Iklan

Iklan

Tuntaskan Ziarahi Makam Raja-Raja Bone, Bupati Fahsar Titip Pesan

30 April 2023, 8:25 PM WIB Last Updated 2023-05-01T02:27:43Z

Bupati Bone Dr. H.A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si didampingi Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle bersama rombongan Forkopimda saat kunjungan ziarah ke situs Manurunge Ri Matajang, di Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang, Kota Watampone, Minggu (30/4/2023)/ Foto : Sugi



RAKYATSATU.COM, BONE
- Bupati Bone Dr HA Fahsar M. Padjalangi bersama Wakil Bupati Drs. H. Ambo Dalle beserta Forkopimda menuntaskan lawatan ziarah makam dan situs Raja Bone di wilayah Kabupaten Bone, Minggu (30/4/2023).


Lokasi pertama dalam agenda tersebut yaitu ziarah ke Situs Manurunge Ri Matajang. Situs ini sebagai tempat munculnya Raja Bone pertama Mata Silompoa Manurunge Ri Matajang.


Pada lawatan ziarah itu diawali persembahan teatrikal yang dilakoni Bupati Fahsar beserta Camat Tanete Riattang dan jajarannya.


Dalam Teatrikal singkat itu mengisahkan awal mula masyarakat Bone meminta kepada Manurunge Ri Matajang untuk memimpin Bone agar kekacauan pada masa itu bisa diredam.


Selanjutnya Bupati Bone beserta rombongan ziarah ke makam Raja Bone ke II La Ummasa Petta Panre Bessie di Jl. Jend. Ahmad Yani Watampone. Raja Bone ke II ini adalah pencipta alat-alat dari besi di Bone.


Ziara dilanjutkan ke Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jl. Sungai Citarum Watampone.


Setelah itu Bupati Bone mengunjungi Makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan Makam Ratu Bone ke-17 dan 21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung, di Kompleks Pemakaman Kalokkoe Bukaka Jl. Cempalagi Watampone.


Rombongan Bupati lalu ziarah ke Makam Raja Bone ke-33 La Pabbenteng Petta Lawa, di Kompleks Makam Petta Ponggawae, di Desa Matuju Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone.


Bupati Bone beserta rombongan kemudian menutup agenda ziarah makam peringatan HJB ke-693 di Kecamatan Cenrana di Kompleks makam Raja Bone ke-16 La Patau Matanna Tikka, di Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.


Bupati Bone Dr HA Fahsar M. Padjalangi, mengatakan, kegiatan ini adalah rangkaian dari peringatan Hari Jadi Bone ke-693 dimana sebelum Ramadan telah dilaksanakan ziarah makam Raja Bone yang ada di luar Kabupaten Bone.


"Alhamdulillah hari ini kita tuntaskan khususnya di Bone dan yang tidak terinventarisir, budayawan tetap menelusuri makam raja-raja Bone dimana saja berada bahkan yang ada di taman makam Kalibata Jakarta kita sempat juga menziarahi makamnya," kata Fahsar.


"Ini untuk menjaga rasa terima kasih dan rasa bangga kita terhadap perjuangan leluhur kita yang menjadikan Bone seperti apa adanya sekarang ini dan kita tetap memegang prinsip-prinsip budaya, adat dan agama dalam melaksanakan ziarah makam ini," katanya. 


"Saya berharap apa yang kita lakukan ini adalah merupakan suatu program yang dilaksanakan bersinambungan terus menerus, kita berharap generasi kita ke depan tetap menjaga ini. Dan saya menitipkan pemerintahan akan datang supaya yang baik-baik kita jaga, pertahankan dan lestarikan karena ini suatu kebanggaan kita di Bone," harapnya.


Ziarah ke makam dan Situs Raja Bone di wilayah  Kabupaten Bone ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Bone Drs. H. Andi Islamuddin, para Staf Ahli Bupati Bone, Asisten Setda Bone, Kepala OPD, Kabag lingkup Setda Bone, para Camat, dan tamu undangan lainnya. [Ikhlas/Sugi]



Komentar

Tampilkan

  • Tuntaskan Ziarahi Makam Raja-Raja Bone, Bupati Fahsar Titip Pesan
  • 0

Terkini

Iklan