Iklan

Iklan

Sekda Sinjai Pimpin Upacara Peringatan Hari Otoda

29 April 2023, 12:03 PM WIB Last Updated 2023-04-29T06:06:48Z

Sekda Sinjai saat memimpin upacara Hari Otoda, di Lapangan Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (29/4/2023) / Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI
- Suasana mendung menyelimuti langit, namun tidak menyurutkan semangat para pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai untuk mengikuti upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII.


Upacara peringatan Otoda tahun 2023 ini, dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Sabtu (29/4/2023) pagi di Halaman Kantor Bupati Tanassang.


Saat membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri, Andi Jefrianto Asapa mengatakan bahwa, Esensi filosofis dari Otonomi Daerah adalah desentralisasi kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal. Salah satunya yaitu dengan menggali potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).


“Setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah,” ungkapnya.


Namun tambahnya, data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD dibawah 20 persen dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).


“Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya,” kata Jefrianto. 


Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.


Tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul. [Ikhlas/Sudirman]

Komentar

Tampilkan

  • Sekda Sinjai Pimpin Upacara Peringatan Hari Otoda
  • 0

Terkini

Iklan