-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Forkopincam Bekali Korpri Barebbo Upacara Persemayaman Jenazah

19 Maret 2023 | 11:06 AM WIB |

Pengurus dan anggota Korpri Kecamatan Barebbo saat latihan Upacara Persemayaman Jenazah, di halaman kantor Camat Barebbo, Sabtu (18/3/2023) sore kemarin/ Foto : Rasul 

RAKYATSATU.COM, BONE
- Guna meningkatkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) anggota Korpri Unit Kecamatan Barebbo, maka pengurus Korpri Kecamatan Barebbo menggelar kegiatan latihan Upacara Persemayam Jenazah, di halaman kantor Camat Barebbo, Sabtu (18/3/2023) sore kemarin.


Ketua Korpri Kecamatan Barebbo, Muhammad Rusdiaman menjelaskan bahwa, tujuan Upacara Persemayaman Jenazah tersebut adalah untuk menambah kapasitas SDM para pengurus dan anggota Korpri Barebbo.


Selain itu, dengan adanya pelatihan ini maka diharapkan semua pengurus dan anggota Korpri Kecamatan Barebbo dapat melakukan upacara jika ada anggota Korpri yang meninggal dunia di wilayahnya.


"Ini baru pertama kali kita latihan Upacara Persemayaman Jenazah dan semoga dapat diaplikasikan oleh teman-teman Korpri Kecamatan Barebbo," ujarnya.


Lebih lanjut, Muhammad Rusdiaman atau yang akrab Ucok mengatakan, guna memudahkan pelaksanaan upacara persemayaman jenazah, maka Korpri Kecamatan Barebbo membagi tiga zona dengan setiap zona terdiri dari 6 desa/kelurahan.


"Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan Upacara Persemayaman Jenazah jika ada anggota Korpri Kecamatan Barebbo yang meninggal dunia maka kita bagi tiga zona/wilayah kerja," pungkas Ucok.


Danramil 1407-11/Barebbo, Kapten Chb Eko Ermawanto yang memimpin langsung latihan Upacara Persemayaman Jenazah tersebut, menjelaskan bahwa persemayaman merupakan prosesi pelaksanaan upacara pelepasan jenazah dari rumah duka secara sipil, sedangkan pemakaman dimaksud merupakan prosesi pelaksanaan upacara pemakaman jenazah di tempat pemakaman.


"Pada latihan upacara persemayaman jenazah tersebut, saya bersama personel Koramil 11 Barebbo dibantu Kapolsek Barebbo dan personel Polsek Barebbo, memperagakan sedetail mungkin agar peserta mudah memahami dan dapat mengaplikasikannya sebaik mungkin," jelas Kapten Chb Eko Ermawanto.


Sementara itu Camat Barebbo sebagai Dewan Pembina Korpri Kecamatan Barebbo Hj Faridah, mengharapkan pula agar ke depannya pengurus dan anggota Korpri Kecamatan Barebbo terus mengembangkan SDM sebab Korpri itu adalah salah satu bagian dari pelayanan masyarakat.


"Perlu kita pahami bahwa Korpri adalah pelayan masyarakat, maka kapasitas SDM pengurus dan anggota Korpri, khususnya Korpri Kecamatan Barebbo harus terus berbenah demi organisasi dan masyarakat," ujarnya. [Ikhlas/Rasul]

×
Berita Terbaru Update