-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dukung Wirausahawan Perempuan dalam Ekonomi Digital, DANA dan Ant Group Luncurkan Program SisBerdaya

15 Maret 2023 | 7:54 PM WIB |

[Ki - Ka] Ms Carrie Suen - Senior Advisor Global Affairs & Sustainability Strategies Ant Group, Septriana Tangkary S.E, M.M - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kominfo, Agustina Samara - Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia, Elsya MS Chani - Kepala Grup Pengembangan UMKM dan Keuangan Inklusif, Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Edwin Nurhadi - Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK.

RAKYATSATU.COM, JAKARTA
- DANA dan Ant Group hari ini meluncurkan program SisBerdaya, sebuah inisiatif lokal yang didedikasikan untuk memberdayakan wirausahawan perempuan Indonesia, terutama bagi mereka yang menggeluti bisnis ultra-mikro dan mikro. 


Inisiatif ini bertujuan untuk membantu para wirausahawan perempuan dalam mengembangkan pengelolaan bisnis dan keterampilan digital, agar terus berdaya saing dalam ekonomi digital sekaligus mampu berinovasi dan mengembangkan bisnisnya.   


SisBerdaya merupakan program mentoring dan kompetisi yang digelar selama 3 bulan dan terbuka bagi wirausahawan perempuan di seluruh Indonesia. 


Kegiatan ini berfokus pada pemberdayaan usaha khususnya UMKM dengan dua kategori peserta yaitu–kategori ultra-mikro, yaitu bisnis dengan jumlah karyawan 1-5 orang dan mencatat pendapatan bulanan Rp1 juta – Rp10 juta; dan kategori Mikro, bisnis dengan jumlah karyawan 6-20 orang serta mencatatkan pendapatan bulanan Rp11 juta – Rp30 juta.


Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 17 April 2023 melalui aplikasi DANA


Setelah proses pendaftaran ditutup dan selama tahap pertama penjurian, 180 pendaftar dari kedua kategori akan dipilih oleh panel juri. Peserta terpilih akan menerima hadiah uang tunai, dan memenuhi syarat untuk memasuki fase berikutnya yakni bimbingan dan pelatihan keterampilan selama 1 bulan oleh para ahli dari DANA, Ant Group, mitra industri hingga perwakilan pemerintah.


Pelatihan keterampilan holistik yang diselenggarakan selama fase bimbingan mencakup topik Manajemen Bisnis, Pembayaran Digital dan Pemasaran, Strategi Penjualan Global, dan lain sebagainya.


Topik pelatihan ini dirancang untuk memberikan peserta pengalaman penuh yang penting untuk menjalankan bisnis sehari-hari serta manajemen operasional.


Harapannya, pelatihan ini dapat membantu mereka dalam berinovasi secara digital. Sesi-sesi ini akan dilakukan secara hybrid dengan pelatihan tatap muka yang diselenggarakan di wilayah Jabodetabek, Pekanbaru, dan Makassar untuk memudahkan partisipasi.


Di akhir fase ini, semua peserta harus menyerahkan rencana bisnis mereka untuk penilaian akhir. Kemudian, peserta 5 besar akan berkumpul di Jakarta untuk kompetisi presentasi akhir yang diadakan pada Mei 2023 untuk memperebutkan hadiah akhir hingga Rp20 juta. 


SisBerdaya merupakan komitmen kami sebagai dompet digital yang konsisten menjembatani literasi dan inklusi keuangan Indonesia dengan memperluas akses layanan keuangan bagi semua orang, terutama perempuan, pemuda dan UMKM. Dari 500.000 UMKM yang terdaftar di DANA Bisnis, hanya 19% yang dipimpin oleh perempuan. 


Angka ini turut menandakan minimnya akses, partisipasi, dan peluang bagi perempuan untuk memanfaatkan teknologi finansial dalam bisnis dan dapat merintangi mereka dalam menjalankan bisnisnya. 


"Melalui SisBerdaya, DANA bersama Ant Group berharap dapat berkontribusi langsung dalam mendorong UMKM yang dipimpin perempuan untuk memiliki partisipasi yang setara di sektor ekonomi, memperluas akses dan kesempatan perempuan terhadap layanan keuangan digital holistik, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Indonesia," ucap Agustina Samara, Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia. 


Sabrina Peng, Chief Sustainability Officer of Ant Group mengungkapkan, SisBerdaya adalah sebuah inisiatif yang berasal dari hati, sebab dapat meningkatkan dan memberdayakan peran perempuan di komunitas lokal. 


Bahkan, SisBerdaya mampu membangkitkan komunitas lokal wirausahawan perempuan yang akan terus bersatu melalui berbagi pengetahuan dan berjejaring untuk saling mendukung serta memajukan bisnis mereka dan berkontribusi pada ekonomi lokal.


"Kami sangat bersemangat memulai SisBerdaya bersama DANA. Kami percaya Sisberdaya akan memperluas peluang bagi wirausahawan perempuan untuk semakin berkembang, dan mendukung mereka untuk mencapai potensi penuh dalam skala global," ucap Sabrina.


Untuk menjadikan SisBerdaya sebagai program yang lebih inklusif, semua materi yang dikembangkan selama pelatihan keterampilan dan pendampingan akan tersedia untuk umum di aplikasi DANA setelah program berakhir, sehingga berpotensi menjangkau dan memberi manfaat bagi 100.000 wirausahawan perempuan Indonesia lainnya. [Ikhlas/Amin]

×
Berita Terbaru Update