-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pengamat Sebut Hasil Musra Jawa Tengah Beralih dari Jokowi ke Prabowo

09 Februari 2023 | 9:15 AM WIB |

Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/ Foto : Dok. Instagram Prabowo Subianto 

RAKYATSATU.COM, JAKARTA
– Hasil Musyawarah Rakyat (Musra) XVII Relawan Jokowi yang digelar pada 4-8 Februari 2023 di Jawa Tengah cukup menarik perhatian publik. Hal itu disampaikan pengamat politik, Jajat Nurjaman, Rabu (8/2/2023).


Dia menilai, Jawa Tengah merupakan salah satu basis terkuat pendukung Jokowi - Ma’ruf dalam pilpres 2014-2019 lalu, namun hasil Musra tersebut terungkap Pemilih Jokowi Ma’ruf mengalihkan dukungan ke Prabowo Subianto dibandingkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 


“Musra XVII Jateng ini cukup istimewa dan dinantikan publik mengingat Jateng merupakan basis paling kuat pendukung pak Jokowi, meskipun pemenangnya adalah pak Ganjar Pranowo namun yang cukup menjadi perhatian adalah selisih angkanya cuma 1,07 persen dengan dukungan yang didapatkan pak Prabowo,” kata Jajat.


Kejutan tersebut benar-benar menarik perhatian publik, apalagi sosok Ganjar Pranowo adalah gubernur aktif dua periode namun tetap tidak mampu mendominasi secara keseluruhan.


“Berdasarkan informasi mengenai kegiatan tersebut adalah tentang kriteria capres yang diinginkan mengenai sosok yang akan menjadi penerus Presiden Jokowi adalah Jujur dan Bersih sebanyak 48,65 persen, Berani, Tegas dan Berwibawa sebanyak 23,32 persen,” ucap jajat memaparkan data yang dia dapatkan.


Selanjutnya, merakyat sebanyak 9,4 persen, Berpendidikan dan Profesional sebanyak 7,06 persen, berpengalaman 3,29 persen, Dermawan 2,09 persen, artinya adanya persaingan ketat antara Ganjar dan Prabowo merupakan hal yang wajar apalagi Prabowo baru kali ini bergabung di pemerintahan, sementara Ganjar selain berpengalaman di level eksekutif juga pernah menjadi anggota DPR RI.


“Sekali lagi, yang menjadi kejutannya adalah sosok pak Prabowo ini ternyata dipandang bagus oleh para relawan Jokowi sehingga mampu bersaing ketat dan dipandang layak untuk menjadi penerus Jokowi meskipun baru bergabung dengan pemerintah, namun secara kinerjanya jujur dan bersih bahkan beliau juga dikenal sebagai sosok Menteri terbaik berdasarkan hasil riset berbagai lembaga survey,” jelasnya.


Terakhir, apa yang menjadi hasil dari Musra XVII Relawan Jokowi di Jawa Tengah ini seperti penegasan atas pidato Presiden Jokowi dalam acara HUT 15 Tahun Partai Gerindra yang lalu, dimana sosok Prabowo elektabilitasnya dinilai potensial menjadi yang tertinggi oleh Presiden Joko Widodo dengan kerja keras.


“Sehingga bukan tidak mungkin kedepan adanya tambahan migrasi secara besar-besaran dari pendukung pak Jokowi ke pak Prabowo sangat terbuka lebar, apalagi pada HUT kemarin, Presiden Jokowi telah meyakinkan peluang Gerindra dan Prabowo,” tutupnya. [Ikhlas/Rls]

×
Berita Terbaru Update