Iklan

Iklan

Jelang Pilkades Serentak, Bupati Maros Tekankan Netralitas

28 Oktober 2022, 3:49 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:52:26Z

RAKYATSATU.COM, MAROS – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Maros semakin dekat. Agar tetap berlangsung aman nantinya, Pemerintah Kabupaten Maros bersama unsur Forkopimda terus melakukan koordinasi jelang Pilkades 17 November 2022.

Beberapa pihak pada rapat koordinasi di Ruang Sekretaris Daerah Maros mengaku, Pilkades kali ini lebih terasa seperti Pemilihan legislatif (Pileg).

Bupati Maros, AS Chaidir Syam, ia mengungkapkan, pendampingan keamanan akan terus dilakukan. Bahkan sebelum memasuki masa kampanye, pihaknya akan menggelar deklarasi kampanye damai.

“Mungkin karena berdekatan dengan tahun Pileg, Pilkades kali ini lebih terasa seperti Pileg. Terlebih ini terhitung sisa tiga pekan,” ungkapnya Jumat (28/10/2022).

Deklarasi kampanye damai tingkat kabupaten akan berlangsung pada 9 November, dua hari sebelum masa kampanye berlangsung. Ia sangat berharap, Panitia yang telah dibentuk di tiap desa dapat menjunjung tinggi netralitas.

“Sebenarnya kita telah mengetahui bagaimana kondisi-kondisi masyarakat di tiap lokasinya. Panitia harus terus diingatkan agar tidak ada keberpihakan. Beberapa calon bahkan banyak yang masih memiliki ikatan keluarga,” tutur Chaidir.

Sejalan dengan itu, AKBP Awaludin Amin mengaku telah melakukan pengecekan pada Kapolsek di 16 desa yang akan menggelar hajatan demokrasi Pilkades. Hingga saat ini kondisi masih relatif aman, namun tetap dibeberapa daerah masih harus diberikan perhatian yang lebih.

“Hingga hari ini kondisi masih terpantau aman, tetapi kondisi satu pekan sebelum pemungutan suara, pengamanan akan lebih kami perketat. 150 personel masing-masing akan dikerahkan untuk masa kampanye 11-13 November dan masa tenang 14-16 November,” jelasnya.

Pihaknya pun akan siap untuk memberikan pengamanan, mulai dari pencetakan undangan pemilih dan penjemputan logistik. Juga pengantaran logistik (surat suara, kotak suara, bilik suara dan plano rekapan) dari Kantor Dinas PMD hingga ke tangan Panitia Desa.

“Semua tahapan akan kami lakukan pendampingan keamanan, Personel yang bertugas untuk tiap desa juga sudah akan bergerak saat pendistribusian logistik di tanggal 16 nantinya. Kami akan lakukan apel pelepasan personel dan setelah itu semua akan bergerak mendampingi pendistribusian,” sebut AKBP Awaludin.

Ia menambahkan, keamanan saat pemungutan suara juga akan dibantu oleh 68 personel Kodim 1422/Maros, 136 personel Linmas Maros, dan 290 personel Polres Maros. “Kami juga akan meminta backup 100 personel dari Polda. Semoga saja dapat disetujui,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir mengingatkan, penyelenggaraan Pilkades harus berjalan sesuai tahapan. Sebab, calon yang tidak dapat menerima kekalahan pasti akan mencari celah pada tahapan pelaksanaan.

“Meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan usai pemungutan suara. Kesalahan-kesalahan yang terjadi akan dijadikan sebagai serangan kepada pihak penyelenggara. Proses kecil pun seperti pelipatan surat suara harus diperhatikan,” ungkapnya. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Jelang Pilkades Serentak, Bupati Maros Tekankan Netralitas
  • 0

Terkini

Iklan