Iklan

Iklan

22 Sekolah di Maros Terpilih Ikuti Lomba Sekolah Sehat

06 Oktober 2022, 2:51 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:52:57Z

RAKYATSATU.COM, MAROS – Dari 74 Sekolah baik Swasta dan Negeri, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Maros, hanya 22 sekolah yang terpilih untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat, Kamis (6/10/2022).

Lomba Sekolah Sehat itu digelar untuk meningkatkan kualitas hidup bersih dan sehat.

Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maros Andi Patiroi yang kepada Rakyatsatu.com mengatakan, lomba sekolah sehat yang diikuti seluruh sekolah tingakat SD dan SMP negeri dan Swasta yang bertujuan untuk mewujudkan budaya hidup bersih dan sehat serta lingkungan yang sehat.

“Lomba sekolah sehat ini nantinya menjadi budaya sehat disetiap lingkungan sekolah di Maros,” ujar Patiroi.

Setelah melakukan penjaringan, sekolah yang terpilih dilakukan pemantauan oleh tim. “Sekolah yang masuk kategori sekolah sehat telah dipantau oleh tim yang ditunjuk dinas pendidikan,” ujarnya.

Pada penilaian itu, ada beberapa kategori yang harus terpenuhi seperti kebersihan dan ventilasi ruangan, kerapian ruangan dengan Kombinasi warna cat serta lainnya.

“Jadi ada indikator yang harus dipenuhi agar bisa lolos menjadi Sekolah Sehat,” tambahnya.

Senada yang dikatakan, Dr Jabaruddin salah satu tim penilai sekolah sehat. Dia mengatakan, sasara penilaian lainnya ialah penataan ruangan seperti ruangan kepala sekolah, rungan guru/staf, ruangan perpustakaan, ruang pramuka, osis dan BK.

“Disetiap ruangan akan dinilai kerapian dan penataan tempat duduk guru dan ruang kepala sekolah,“ ujar Jabaruddin.

Berikut dengan ruang UKS, perlu adanya ketersediaan administrasi, penataan ruangan, ventalasi pencahanyaan dan sarana dan prasaranya.
Sedangkan untuk penataan kelas dilakukan mulai sudut baca, pajangan tingkat kelas, posisi tempat duduk, organisasi kelas dan lamban negara dan bendera negara.

“Hampir seluruh sekolah yang kami kunjungi telah dilengkapi sesuai dengan apa yang ada pada instrumen sekolah sekolah.” sebut mantan Kepsek SMP Unggulan Maros.

Dia berharap, agar kegiatan lomba sekolah sehat ini dapat dilakukan setiap tahun untuk mewujudkan sekolah yang sehat. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • 22 Sekolah di Maros Terpilih Ikuti Lomba Sekolah Sehat
  • 0

Terkini

Iklan