-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Spdi Maros Gelar Seminar Pendidikan, Implementasi Metode RADEC

21 September 2022 | 2:04 PM WIB |

RAKYATSATU.COM, MAROS – Guna mengingkatkan metode pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC), Sekolah Putri Darul Istiqamah (Spdi) Maros menggelar Seminar Pendidikan, yang digelar di di Masjid UMMI, Rabu (21/9/2022).

Seminar terebut tidak hanya menyasar para guru dilingkup Sekolah Putri Darul Istiqamah, namun juga diikuti oleh guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang ada di Kabupaten Maros dan sekitarnya.

Pada seminat itu, Spidi Maros menghadirkan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, yakni Prof Dr pad Wahyu Sopandi, M.A., yang merupakan pencetus atau pemilik karya penelitian dari Model Pembelajaran RADEC.

Direktur Pendidikan Spidi, Riza Sativani Hayati mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat menggelar seminar pendidikan untuk menumbuhkan jiwa pembelajar para guru Spidi maupun guru-guru dari berbagai sekolah lain yang turut hadir.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengupgrade wawasan kita terkait hal-hal baru dalam dunia pendidikan. Alhamdulillah kita bisa menghadirkan Professor dari Bandung selaku penemu langsung terkait metode pembelajaran RADEC ini,” katanya.

Senada dengan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Jamaluddin. Dia berbangga karena Spidi menjadi pilot proyek di Kabupaten Maros bahkan juga di Sulawesi Selatan.

“Kami sebagai pembina sangat berbangga dengan itu, dengan berbagai capaian yang diperoleh SPIDI, apalagi dengan menggelar Seminar Pendidikan ini,” tuturnya.

Sementara Guru Besar UPI, Prof. Dr. pad. Wahyu Sopandi, M.A., dalam materinya mengungkapkan, bahwa model pembelajaran RADEC bertujuan untuk membangun kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

“Model pembelajaran RADEC ini diharapkan dapat melatih siswa untuk mampu menghasilkan sesuatu dari apa yang telah mereka pelajari,” ungkap Prof. Sopandi.

Menurut dia, langkah-langkah pembelajaran ini akan sangat mendukung kemandirian para siswa, anak anak belajar untuk menggali pengetahuan dan memperluas wawasannya.

Prof. Sopandi yang juga menekankan pentingnya pendidikan bagi keberlangsungan hidup masyarakat Indonesia. “Sebab pendidikan berbicara tentang masa depan indonesia 10-20 tahun ke depan,” terangnya.

Seminar Pendidikan ini berlangsung interaktif dengan berbagai pertanyaan yang diberikan oleh para guru yang hadir dalam kegiatan ini.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Spidi, Indra Mauraga mengajak seluruh peserta seminar untuk dapat mengimplementasikan Model Pembelajaran RADEC ini dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing.

“Setelah seminar ini, semoga kita semua dimudahkan untuk benar-benar mengimplementasikan model pembelajaran ini kepada anak didik kita di Sekolah,” ungkapnya. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update