-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Baru Berusia Dua Bulan, PB Dua Putra Saltim Raih Juara di Turmanen HSB Cup 2020

13 Desember 2020 | 10:13 AM WIB |
RAKYATSATU.COM, BONE - PB Dua Putra Saltim Apala yang pengurus dan atletnya baru dikukuhkan oleh Pengkab PBSI Bone, 5 Desember 2020 berhasil menjuarai turnamen bulutangkis HSB Cup 2020 Sengkang Kabupaten Wajo di kategori Lokal B se-Bosowasi (Bone, Soppeng, Wajo dan Sinjai).


Bahkan, Persatuan Bulutangkis (PB) Dua Putra Saltim Apala merupakan salah satu club bulutangkis termuda di Kabupaten Bone karena baru berumur dua bulan.


Meski demikian, club bulutangkis yang terletak di Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Jl Poros Bone-Sinjai Km 9 ini berhasil mengukir prestasi di Kabupaten Wajo sehingga tidak sia-sia memiliki gedung bulutangkis bertaraf nasional.


Menurunkan dua pemainnya pada ganda putra di turnamen bulutangkis yang dilaksanakan di GOR HSB, Jalan Bau Baharuddin Sengkang Kabupaten Wajo tersebut, Rahman berpasangan Andi Resky dari PB Dua Putra Saltim Apala berhasil keluar sebagai juara I ganda putra dengan membawa pulang piala bergilir ditambah trophy, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta.


Manager/official PB Dua Putra Saltim Apala yang juga ketua PB tersebut, Saenal Abidin Ahmading, kepada Rakyatsatu.com mengatakan bahwa, kemenangan tersebut berkat buah kerja keras dan perjuangan pemainnya serta doa masyarakat Bone dan pengurus PB Dua Putra Saltim Apala khususnya.


"Sebenarnya, saya menurunkan dua pasang pemain ganda putra di turnamen bulutangkis HSBC Sengkang-Wajo tetapi satu pasangan (Iwan/Rahmat) tidak bisa main karena pihak panitia turnamen beralasan bahwa pemain saya tersebut bukan levelnya di kategori Lokal B (Bosowasi)," ujar Saenal Abidin Ahmading, Minggu (13/12/2020).


Turnamen bulutangkis yang berhadiah total Rp 25 juta itu dilaksanakan pada 5 hingga 12 Desember 2020 dengan diikuti 32 pasang peserta di Kelas Open A dan 64 pasang di Kelas/kategori Lokal B (Bosowasi).


Ketua panitia pelaksana, Haidir, mengatakan bahwa turnamen bulutangkis ini dirintis sejak November 2020 namun dapat terlaksana pada 5 Desember 2020.


"Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan turnamen ini, khususnya Pemerintah, panitia dan para sponsor demikian pula dengan Janji Jiwa Sengkang. Kita berharap turnamen ini menjadi agenda tahunan Pengkab PBSI Wajo," ujar Haidir di acara penutupan.



Sementara itu, Ketua Pengkab PBSI Wajo, Syamsul Bahri, M.Si, mengucapkan hal yang sama dan berterima kasih pula kepada segenap peserta turnamen.


Adapun juara II di kategori Lokal B Bosowasi yakni Agus/Wawan, dan juara III bersama pasangan H Tahir/Abil dan Bush/Yus masing-masing dari Kabupaten Wajo.


Sedangkan kelas A Open (Sulselbar) yakni, juara I pasangan Riski/Ashar dari Sengkang, juara II Andi Adli/Vikri, Sengkang dan juara III bersama pasangan Arivaldi/Ariansah Belawa dan pasangan H Ansar/Aswan.


Pasangan pemain dari PB Dua Putra Saltim Apala (Rahman/Andi Resky) berhasil melaju ke final setelah di babak penyisihan berhasil mengalahkan pasangan Yayat/Adi (Wajo) dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-17.


Di pertandingan kedua, pasangan Rahman/Andi Resky mengalahkan pasangan Aris Hamzah (Wajo) dua set langsung. Pada pertandingan ketiga Rahman/Andi Resky berhasil menang dua set langsung terhadap pasangan Adi/Fenggeng dengan skor 21-12 dan 21-11.


Pertandingan berikutnya, Rahman/Andi Resky berhasil mengalahkan dua set langsung atas pasangan Taqwan/Alling dengan skor 21-11 dan 21-18.


Memasuki babak delapan besar pada tanggal 11 Desember 2020, pasangan Rahman/Andi Resky menang WO atas lawannya H Sabri berpasangan Sulhan.


Pada pertandingan delapan besar tersebut, manajer pasangan H Sabri/Sulhan yang diduga dari PB Apni Kabupaten Wajo, sempat melayangkan protes terhadap pasangan Rahman/Andi Resky dengan alasan bahwa pasangan tersebut tidak atau bukan pemain dari Kabupaten Wajo.



Tetapi panitia pelaksana tetap mau memainkan pasangan Rahman/Andi Resky dengan alasan bahwa, kedua pemain tersebut sudah bermain beberapa kali dan selain pasangan Rahman/Andi Resky ada juga beberapa pasangan dari sejumlah PB di Kabupaten Bone yang mengikuti turnamen bulutangkis tersebut sehingga lawannya mengundurkan diri karena tidak menerima keputusan panitia pelaksana.


Demikian pula di babak semifinal dan final, pasangan Rahman/Andi Resky dinyatakan menang WO oleh referee/wasit pertandingan karena lawan-lawannya tidak bersedia memasuki lapangan atau bertanding dengan alasan yang sama bahwa bukan peserta dari Kabupaten Wajo.


Menurut keterangan dari salah seorang manager/official PB Apni Kabupaten Wajo bahwa, turnamen bulutangkis HSB Cup 2020 di kategori Lokal B bukan se Bosowasi tetapi hanya untuk PB lokal Wajo.  


Sekedar informasi bahwa selain pasangan Rahman/Andi Resky, ada beberapa pasangan dari PB Kabupaten Bone yang berlaga di turnamen bulutangkis HSB Cup 2020 Sengkang pada kelas B Lokal Bosowasi. Diantaranya dari Pompanua Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone dan beberapa PB dari Watampone Kabupaten Bone.


Namun para pemain ganda putra dari sejumlah PB di Kabupaten Bone tersebut lebih duluan tersingkir/tersisih di babak penyisihan dan hanya menyisakan pasangan Rahman/Andi Resky.  (Rasul)

×
Berita Terbaru Update