Iklan

Iklan

Jokowi : APBN Tahun 2021 Fokus pada Kesehatan

25 November 2020, 3:01 PM WIB Last Updated 2020-11-25T07:03:59Z


RAKYATSATU.COM, SOPPENG
- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memimpin penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021, secara virtual, di Jakarta Rabu (15/11/2020).


Pada kegiatan tersebut, Pjs Bupati Soppeng, Idham Kadir turut didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng, Drs Andi Tenri Sessu, dan Kepala Bappelitbangda Kabupaten Soppeng, Dra Hj Andi Nur Lina, mengikuti rapat virtual di SCC Lamataesso Kabupaten Soppeng.


Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun yang sangat sulit untuk dilalui dan di tahun 2021 kita juga masih menghadapi ketidakpastian, sehingga kecepatan, ketepatan dan akurasi harus tetap menjadi karakter dalam kebijakan kita, baik dibidang kesehatan maupun dibidang ekonomi.


"APBN pada tahun 2021 akan fokus pada penanganan kesehatan utamanya pada vaksinasi Covid-19, perlindungan sosial terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentang, program pemulihan ekonomi, dan membangun pondasi yang kuat baik dibidang kesehatan dan dibidang lainnya," kata Jokowi.


Dijelaskan dia, APBN Tahun Anggaran 2021 tumbuh 0,4 % jika dibandingkan Tahun 2020 yang digunakan untuk mendukung prioritas pembangunan diberbagai bidang diantaranya bidang pariwisata, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, perlindungan sosial, ketahanan pangan, teknologi dan informasi.


"APBN sebagai penggerak utama saat ekonomi Lesu, maka harus segera dimanfaatkan dan dibelanjakan sepertu lelang sejak dini serta Bantuan Sosial didistribusi awal Januari," terangnya.


Dia meminta agar dilakukan reformasi anggaran dengan memegang prinsip cermat, efektif dan efisien dengan cara setiap rupiah uang rakyat harus dibelanjakan untuk kepentingan rakyat, karena tugas utama kita adalah membantu masyarakat. (Rls)

Komentar

Tampilkan

  • Jokowi : APBN Tahun 2021 Fokus pada Kesehatan
  • 0

Terkini

Iklan