-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Ditemani Camat TR dan Lurah Serta Babinsa Biru, Kadis PKPP Bone Letakkan IPAL Secara Simbolis

27 November 2020 | 4:17 PM WIB |

RAKYATSATU.COM, BONE - Kepala Dinas (Kadis) Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertahanan (PKPP) atau yang lazim disebut Dinas Tarkim Kabupaten Bone, Andi Ikhwan Burhanuddin melakukan peletakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara simbolis di Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, Jumat (27/11/2020).


Peletakan IPAL program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat secara simbolis oleh Kadis PKPP Kabupaten Bone ditemani oleh Camat Tanete Riattang (TR) Kabupaten Bone Andi Aksi, Lurah Biru Kecamatan Tanete Riattang Asdi Sutriadi Sadar dan Babinsa Kelurahan Biru Serda Sainuddin.


Andi Ikhwan Burhanuddin menjelaskan, IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah alat-alat atau sarana yang dirangkai membentuk sebuah sistem yang berperan untuk mengolah limbah khususnya limbah cair.


Lanjutnya, komponen IPAL BioRich terdiri dari unit pemisah limbah padat, unit aerasi, unit penguraian biologis dan unit ultra filtrasi yang bekerja menjadi sebuah sistem IPAL yang mengolah limbah dengan efektif dan efisien.


"IPAL yang kita pasang di Kelurahan Biru merupakan IPAL Limbah Rumah Tangga yang sejenis dengan Komunal, Limbah Restoran, Rumah Toko, Rumah Kantor, Apartemen, Hotel, Gedung Kantor, Gedung Pemerintah, Gedung Mall atau Pusat Perbelanjaan, Limbah Gedung Lainnya yang banyak aktifitas orang," jelas Andi Ikhwan Burhanuddin.



"Untuk rumah tangga yang kecil tersedia juga IPAL Portable sederhana yang tidak membutuhkan listrik serta sangat mudah sekali dalam pemasangannya," tambahnya.


Sampai saat ini masyarakat kebanyakan masih salah mengira bahwa limbah industri merupakan sumber utama pencemaran sungai, padahal tidak demikian. 


“Berdasarkan identifikasi yang kami lakukan, sumber utama pencemar air sungai sebagian besar berasal dari limbah domestik atau rumah tangga,” ungkap Andi Ikhwan Burhanuddin.


Lelaki yang akrab disapa Puang Bau Iwan ini menambahkan bahwa manfaat IPAL antara lain mengolah air limbah agar dapat digunakan kembali sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Membuat aliran air menuju sungai menjadi bersih dan layak digunakan. Efektif menjaga tumbuhan yang ada di dalam tanah dan air terbebas dari kematian akibat racun.


Mantan Kadis Pariwisata Kabupaten Bone ini berharap agar dengan adanya IPAL tersebut maka dapat mengurangi pencemaran air di sungai sehingga persediaan air bersih terus terjamin dan bisa difungsikan sebagai mana yang diharapkan.


Camat Tanete Riattang, Andi Aksi sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan pemerintah terhadap IPAL di Kelurahan Biru. Ia juga berharap agar di kelurahan lainnya, khususnya dalam wilayah Kecamatan Tanete Riattang bisa dipasangi IPAL.


Sementara itu, Lurah Biru Asdi Sutriadi Sadar juga berterima kasih khususnya kepada Dinas PKPP Kabupaten Bone atas bantuan IPAL tersebut. Ia pun mengharapkan agar masyarakat dapat menjaga IPAL tersebut.  (Rasul)

×
Berita Terbaru Update