Iklan

Iklan

Personel Yon C Pelopor Kompak Dengan Istri Kembangkan KRPL di Mako Brimob Bone

19 September 2020, 6:46 PM WIB Last Updated 2020-09-19T10:46:05Z

RAKYATSATU.COM, BONE
- Dimasa pandemi Covid 19 seperti saat ini, salah satu opsi yang tepat dalam menjaga ketahanan pangan adalah dengan mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari ( KRPL). Pengembangan KRPL ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan lahan kosong di pekarangan rumah atau kantor.

Pada Sabtu (19/09/20), Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel bersama Bhayangkari Ranting Yon C Pelopor melakukan penanaman bibit baru dan perawatan tanaman pada lahan-lahan kosong yang telah mereka garap sebelum. 

Perawatan ini dilakukan agar hasil dari panen dari tanaman yang ditanam terus meningkat dan selalu bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan pangan.


Lahan KRPL yang berlokasi di Mako Brimob Batalyon C Pelopor jalan M.H. Thamrin no. 70, kota Watampone Kabupaten Bone ini, telah menghasilkan beragam jenis buah dan sayur diantaranya buah pepaya, tomat, cabai, bayam, kelor hingga kangkung dan sawi.

"Ya, walaupun lahan yang digunakan tidak terlalu luas, tapi pemanfaatan lahan ini sudah cukup membantu ibu-ibu Bhayangkari Yon C Pelopor dalam pemenuhan kebutuhan dapur," ucap Ny. Upick Ichsan Ketua Ranting Bhayangkari Yon C Pelopor saat ditemui di lokasi KRPL.

Selain memanfaatkan lahan kosong untuk kebutuhan pangan hayati melalui tanaman sayur dan buah, Batalyon C Pelopor juga memanfaatkan lahan ini untuk kebutuhan protein hewani dengan budi daya ikan lele dan nila.

"Selain menanam sayur dan buah, kami juga membuat kolam untuk budi daya ikan lele dan nila dimana di atas kolam dengan sistem aquaponik kami tanam sayur kangkung dan sayuran lainnya.
Insya Alloh program ini akan terus berlanjut sehingga akan memberikan manfaat bagi personel Yon C Pelopor dan keluarga pada khususnya serta masyarakat sekitar mako pada umumnya," harap Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. saat melakukan perawatan terhadap KRPL yang telah mereka rawat selama 4 bulan terakhir ini.

Tampak hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Komandan Batalyon (Wadanyon) C Pelopor AKP. Andi Muhammad Syafe'i, S.Sos., M.H., Danki serta Pasi jajaran Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel beserta Bhayangkari Pengurus Ranting Yon C Pelopor.

Sementara itu di tempat terpisah Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. mengatakan jika program KRPL yang telah dilaksanakan oleh jajaran Satbrimob Polda Sulsel ini akan terus berlanjut secara berkesinambungan.

" Program KRPL ini akan terus kami lanjutkan dan kami kembangkan, sehingga dalam masa pandemi Covid 19 ini, kami dapat mewujudkan kemandirian ketahanan pangan utamanya bagi personel Satbrimob Polda Sulsel dan saya juga berharap hasil panen dari KRPL ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar sebagai implementasi dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," tandas Muhammad Anis. (Rasul)

Komentar

Tampilkan

  • Personel Yon C Pelopor Kompak Dengan Istri Kembangkan KRPL di Mako Brimob Bone
  • 0

Terkini

Iklan