Iklan

22/07/20, 12:21 WIB
Last Updated 2020-07-22T04:21:06Z
BPJS

Kader JKN Harus Rajin Kunjungi Peserta, Nirwana : Kami ingin masyarakat paham Program JKN-KIS

RAKYATSATU.COM, SOPPENG –  Salah satu fungsi Kader JKN adalah pengingat dan pengumpul iuran. Oleh sebab itu, Kader JKN harus melakukan kegiatan kunjungan kepada peserta binaannya untuk memastikan peserta binaannya agar memahami hak dan mematuhi kewajibannya sebagai peserta JKN. 


Mengingat perkembangan pemulihan pandemic Covid-19 berbeda-beda di tiap wilayah maka pelaksanaan aktivitas normal yang baru bagi Kader JKN tetap memperhatikan update status tanggap darurat wabah covid-19 terkini dan pekembangan kebijakan yang diambil oleh masing-masing Kepala Daerah. 

Sehingga pada masa normal yang baru saat ini bagi Kader JKN saat melaksanakan aktivitasnya yaitu melakukan kunjungan ke rumah peserta binaan, dilaksanakan dengan tetap memperhatikan status zona merah di daerah binaan masing-masing. 

Melakukan kontak awal kepada peserta binaan melalui media komunikasi, untuk memperkenalkan diri dan meminta kesediaan mengunjungi rumah peserta binaan serta melengkapi aparatus kader yaitu Surat Tugas dan Kartu Tanda Pengenal termasuk materi sosialisasi program JKN terbaru. 

“Terima kasih atas dedikasi para Kader JKN selama ini dalam mendukung program JKN-KIS, karena sejatinya program ini adalah hadir untuk masyarakat dan perlu adanya peran-peran Kader JKN untuk memberikan pemahaman program ini serta mendorong kontribusi peserta dalam hal ini membayar iuran Program JKN-KIS,” tutur Arif Budiman, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone.

“Kami  sebagai Kader JKN sebagaimana salah satu fungsinya adalah untuk mensosialisasikan program JKN-KIS ke masyarakat luas, agar masyarakat tahu manfaat dari BPJS Kesehatan yg sangat luar biasa, serta agar masyarakat paham apa makna dari slogan "dengan gotong royong semua tertolong" kami Kader JKN BPJS Kesehatan sebagai perpanjangan tangan untuk membantu meringankan beban masyarakat, kami siap menerima keluhan maupun masukan serta pertanyaan dari masyarakat untuk disampaikan ke pihak BPJS Kesehatan,” jelas Nirwana Mustamin, salah seorang Kader JKN Kabupaten Soppeng.

Secara rutin para Kader JKN pun diberikan kegiatan evaluasi Kader JKN yang dilaksanakan secara periodik satu kali dalam sebulan, dalam kegiatan evaluasi tersebut Kantor Cabang memberikan pembekalan update program- program BPJS Kesehatan terbaru.   (Rasul)