Iklan

27/07/20, 17:38 WIB
Last Updated 2020-07-27T09:38:17Z
BONEBrimobDaerah

Bukti Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, Personel Yon C Pelopor Jadi Penggerak Latihan Pencak Silat Masyarakat di Biru


RAKYATSATU.COM, BONE
- Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, khususnya SMKN 1 Bone bakal menjadi pusat kegiatan latihan pencak silat.


Pasalnya, cabang olahraga beladiri ini (pencak silat) khususnya Latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate akan menggunakan SMKN 1 Bone di Jl Lapawawoi Kr Sigeri Watampone sebagai pusat latihan yang akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2020 nantinya.

Sebagaimana yang dikemukakan Ketua Rayon Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Kabupaten Bone, Baratu Sony Putra Pratama saat menyampaikan/memberitahukan akan adanya kegiatan latihan pencak silat yang akan dilaksanakan di SMKN 1 Bone kepada Lurah Biru, Senin (27/07/2020).

Dihadapan Sekcama Tanete Riattang Kabupaten Bone Andi Kumala Dewi dan Plt Lurah Biru Asdi Sutriadi Sadar, Sony Putra Pratama bersama Bripka Sukiman, menjelaskan panjang lebar terkait kegiatan latihan pencak silat tersebut yang dimotori oleh TNI-POLRI dengan melibatkan masyarakat.

Kedua Personel Yon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel tersebut merupakan Pengurus Rayon Persaudaraan Setia Hati Terate Kabupaten Bone sekaligus menjadi penggerak akan adanya kegiatan latihan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Bumi Arung Palakka.

"Kehadiran olahraga pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Bone ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh serta imun tubuh di tengah pandemi virus corona ini serta salah satu bukti nyata Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," jelas Bripka Sukiman.

Ia menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan olahraga pencak silat tersebut, pihaknya akan tetap mematuhi peraturan pemerintah dan protokol kesehatan serta memberlakukan physical distancing.

Sedangkan Baratu Sony Putra Pratama menjelaskan bahwa SMKN 1 Bone dipilih karena selain areanya luas juga kondusif suasananya dan mudah dijangkau.

"Kegiatan latihan pencak silat tersebut rencananya akan kita laksanakan dua kali seminggu yakni setiap hari Selasa dan Sabtu dengan waktu pelaksanaan dimulai pukul 20.00 Wita. Kami juga berterima kasih atas respon Pemerintah Kelurahan Biru atas kegiatan yang akan kami lakukan," ujar Baratu Sony Putra Pratama.

Ia juga menjelaskan bahwa Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate sebagai salah satu warisan budaya luhur di Kabupaten Bone, namun untuk sementara Kabupaten Bone masih dalam tahap pengembangan.

"Berkaitan dengan proses organisasi yang masih dalam tahap pengembangan, sehingga masih menginduk di Kepengurusan Cabang Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang 239 Gowa - Pusat Madiun dikarenakan ikatan emosional yang sudah terjalin selama ini dan diharapkan dapat berkembang untuk menjadi cabang sendiri di Kabupaten Bone," jelas Baratu Sony.

Lanjutnya, sebagai pedoman didalam mengembangkan ajaran luhur Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun di lingkup Kabupaten Bone adalah tetap berpedoman pada AD/ART organisasi yang berlaku dan materi baku yang sudah ditetapkan oleh Pengurus Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun.

"Tujuan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate adalah mendidik manusia berbudi luhur, tahu akan benar salahnya perbuatannya dan bertaqwa kepada TuhanNya," tambahnya.

Sementara itu Plt Lurah Biru Asdi Sutriadi Sadar saat menerima kedatangan kedua personel Yon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di kantor Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pencak silat tersebut dengan alasan bahwa pencak silat merupakan salah satu cabang dari olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dirinya juga berharap agar kegiatan olahraga pencak silat tersebut tetap menjaga protokol kesehatan dan physical distancing.

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi olahraga pencak silat tersebut apalagi di masa pandemi virus corona ini tentu dibutuhkan imun tubuh yang kuat. Namun tentu kita sama-sama berharap agar tetap mematuhi peraturan pemerintah, protokol kesehatan dan physical distancing," ujar Asdi. 

Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan yang dihubungi secara terpisah oleh awak media, mengatakan bahwa dirinya merespon apabila ada personel Yon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel akan melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi negara dan masyarakat.

"Personel Brimob itu harus selalu siap pakai demi masyarakat, bangsa dan negara. Saya akan selalu mendukung apabila ada personel Yon C melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan terlebih jika hal itu sangat berhubungan dengan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," tegasnya.

Demikian pula dengan Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, saat dihubungi mengatakan bahwa personel Brimob khususnya personel dalam jajaran Sat Brimob Polda Sulsel harus selalu siap jika dibutuhkan oleh masyarakat, satuan, bangsa dan negara.

"Brimob khususnya Satuan Brimob Polda Sulsel akan terus berbuat demi masyarakat dan NKRI terlebih dengan berkaitan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat," pungkasnya.  (Rasul)