Iklan

Iklan

Pertama di Indonesia, Lapas Watampone Hadirkan Pelayanan Penitipan Barang Bagi WBP Secara Virtual

26 Mei 2020, 9:44 AM WIB Last Updated 2020-05-26T01:44:43Z


RAKYATSATU.COM, BONE - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Watampone, menghadirkan pelayanan Penitipan barang bagi Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) secara virtual melalui Konsep live streaming. 


Bahkan Lapas Kelas IIA Watampone merupakan Lapas yang pertama di Indonesia menerapkan Konsep live streaming ini.

Sebagaimana dikemukakan oleh Kelapa Lapas Kelas IIA Watampone Lukman Amin, ke Rakyatsatu.com, Selasa (26/05/2020).

Ia menjelaskan, penitipan barang secara virtual melalui konsep live streaming ini adalah untuk menjawab kerinduan para WBP bersama keluarga pasca penutupan sementara waktu layanan kunjugan.

Sekaligus bertujuan sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Covid-19, selain mengoptimalkan penggunaan layanan Warung Telekomunikasi Khusus (Wartelsus), dan Video Call dalam Layanan Tatap Muka (Tamu) secara online.

Konsep live streaming yang dikemas dalam pelayanan penitipan secara virtual, hadir dengan memanfaatkan perangkat self service yang sebelumnya telah terpasang pada teras pelayanan Lapas Watampone yang ada diluar dan satu perangkat lagi terpasang pada sudut layanan informasi tepat berada di depan ruang penggeledahan Lapas Watampone.

"Jadi para sanak keluarga dari WBP yang telah melakukan penitipan barangnya ke petugas penerima barang titipan akan di arahkan untuk berdiri didepan perangkat layanan self service yang terhubung secara live dengan perangkat satunya lagi yang berada di dalam Lapas, dari sini mereka dapat bercengkrama sesaat dan saling bersua melaui layanan tersebut," ujar Lukman Amin.

"Konsep live streaming adalah salah satu pilihan layanan yang kita hadirkan secara Gratis bagi keluarga dari pengunjung yang tidak memiliki android, dapat melihat langsung keadaan keluarga mereka yg ada di dalam Lapas yang saat ini tengah menjalani program pembinaan di dalam Lapas, dan hal ini menjadi suatu hal yang pertama di Lapas maupun rutan yang ada di Indonesia," jelasnya lagi. 

Selain itu hadirnya inovasi tersebut dengan mengoptimalkan perangkat yang ada, selain bertujuan menjadi sebagai sarana komunikasi dua arah antara pihak keluarga WBP dengan WBP itu sendiri, sebagai pelapas rasa rindu pasca penutupan waktu berkunjung di Lapas akibat pandemi Covid-19, hadirnya layanan ini juga sebagai suatu strategi pengamanan yang kita ambil guna mencegah berkerumunya para WBP disekitar steril area hanya untuk melihat sejenak keluarga mereka. 

Layanan ini beroperasi sesuai dengan hari dan jam penerimaan barang titipan yang berlaku di Lapas Kelas IIA Watampone. (Rasul)

Komentar

Tampilkan

  • Pertama di Indonesia, Lapas Watampone Hadirkan Pelayanan Penitipan Barang Bagi WBP Secara Virtual
  • 0

Terkini

Iklan