-->

Iklan

Iklan

Begini Upaya Disperkimtan Hijaukan dan Hilangkan Polusi Kota Bone

Redaksi
Sabtu, 04 April 2020, 5:04 PM WIB Last Updated 2020-04-04T09:04:39Z


RAKYATSATU.COM, BONE - Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bone, A. Ikhwan Burhanuddin, S.H., M.Si, memiliki obsesi dan cara tersendiri dalam menghijaukan dan membuat indah/mengindahkan kota Kabupaten Bone.


Dalam menghijaukan dan mengindahkan kota, Andi Ikhwan Burhanuddin melakukan gerakan penghijauan kota dengan menanam tanaman dan bunga di setiap lokasi dan bahkan di Taman Arung Palakka Watampone.

Bahkan Kadisperkimtan, memiliki program akan melaksanakan penanaman tanaman secara massal dalam wilayah kota Kabupaten Bone, namun karena adanya virus corona atau Covid-19 maka gerakan penanaman pohon secara massal tersebut tidak terlaksana. 

Sehingga Andi Ikhwan Burhanuddin bersama para pegawai/staf Disperkimtan Kabupaten Bone, melaksanakan penanaman pohon dan bunga setiap hari Jumat di dalam wilayah kota.

"Jadi rencananya kita akan laksanakan penanaman pohon secara massal tetapi karena corona akhirnya kami bersama teman-teman melakukan penanaman pohon dan bunga setiap pekan yakni di hari Jumat," ujar Andi Ikhwan Burhanuddin, saat ditemui menanam bunga di Taman Arung Palakka.

Mantan Kadis Pariwisata Kabupaten Bone tersebut menjelaskan bahwa, penghijauan kota Kabupaten Bone sangat perlu karena salah satu cara dalam membuat indah kota, selain itu akan membuat kota menjadi asri dan sejuk.

Selain itu, dalam mengindahkan kota Kabupaten Bone, Disperkimtan Kabupaten Bone juga membuat pot besar dan ditanami bunga di sepanjang jalan protokol.
Andi Ikhwan Burhanuddin juga menjelaskan secara rinci tentang pentingnya penghijauan kota dan kaitannya dengan polusi udara.

"Kendaraan yang padat pasti akan menimbulkan polusi udara, olehnya itu perlu pepohonan hijau yang dapat mengijat gas polutan seperti karbondioksida. Gas karbondioksida yang terlepas ke udara akan mencemari udara," ujarnya

Bukan hanya pencemaran udara, di perkotaan juga kerap terjadi banjir. Bencara banjir terjadi akibat sempitnya lahan hijau. Lahan hijau dibabat kemudian didirikan bangunan-bangunan hunian maupun perindustrian. Adanya bangunan tersebut membuat air hujan terhambat dan tidak dapat terserap secara optimal ke tanah, sehingga memicu adanya banjir.

Maka dari itu perlu adanya penghijauan di perkotaan. Penghijauan merupakan suatu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan secara optimal. 

"Sebagai pengatur tata air untuk mencegah banjir maupun untuk melindungi lingkungan yaitu mencegah timbulnya pencemaran. Penghijauan juga dapat diartikan sebagai kegiatan penanaman pohon pada lahan yang kosong di luar kawasan hutan,"jelasnya

Mantan Camat Ulaweng itu juga menyebutkan manfaat penghijauan terutama di kota yakni penghijauan merupakan sarana untu melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran.

Dengan adanya penghijauan akan menurunkan suhu suatu tempat. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

Adanya penghijauan akan memberikan perlindungan. Pohon-pohon besar akan melindungi kita dari paparan sinar matahari. Dapat juga sebagai peredam suara dan penahan debu. 

Selain itu juga dapat melindungi dari angina kencang. Penghijauan dapat mengurangi pencemaran. Hal itu dikarenakan karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor dan asap pabrik dapat diserap oleh daun-daun pepohonan hijau tersebut. 

Oleh pohon karbondioksida diubah menjadi oksigen, yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernafas. Penghijauan sebagai saran pencegah terjadinya bencana banjir dan erosi tanah. Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, air hujan akan diserap oleh akar tumbuhan. Kemudian air hujan tersebut diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya.

Pemanasan global tidak lagi menjadi isu belaka, melainkan telah ada fakta yang nyata. Dibuktikan dengan pergantian musim antara kemarau dan penghujan sulit diprediksi. 

Tindakan nyata yang dapat dilakukan untuk mencegah semakin memburuknya lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan.

Keterbatasan lahan di daerah perkotaan, tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan penghijauan. Keberadaan tumbuhuhan sangatlah penting sebagai tempat resapan air. 

"Maka dari itu tetap lakukan penghijauan walaupun lahan yang ada sempit dan terbatas. Ada banyak cara untuk melakukan penghijauan diantaranya adalah sebagai berikut," tegas Andi Ikhwan Burhanuddin.

Lanjutnya, dibutuhkan kesadaran agar masyarakat melakukan penanaman tumbuhan di lingkungan rumah sebab itu menjadi salah satu alternative penghijauan. 

"Penghijaun dapat dilakukan dengan menanam tanaman sayuran, buah-buahan, dan apotek hidup di halaman rumah. Mari kita mulai menanam di rumah, untuk mendukung program pemerintah," pungkasnya.  (Rasul). 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Begini Upaya Disperkimtan Hijaukan dan Hilangkan Polusi Kota Bone

Terkini

Iklan

Iklan