Iklan

Iklan

Setelah Sapi, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Catatkan Bone di Rekor MuRI Lewat Merpati

15/03/20, 17:41 WIB Last Updated 2020-03-15T09:41:02Z

RAKYATSATU.COM, BONE -
Setahun sebelumnya (tahun 2019), setelah sukses mencatatkan nama Bumi Arung Palakka di catatan Rekor MuRI, kembali Kepala Dinas (Kadis) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone, Aris Handono melakukan hal yang sama lewat binatang/hewan.

Jika di tahun 2019, Aris Handono mencatatkan nama Kabupaten Bone di MuRI lewat event konteks sapi ternak dalam rangka memperingati Hari Jadi Bone (HJB) ke 689 di terminal Palakka Kabupaten Bone, kini lewat event konteks merpati hias tingkat nasional dalam rangka memperingati HJB ke 690.

Dalam rangka memeriahkan HJB ke 690 Komunitas Pecinta Burung Merpati Hias Bone (PMHB) menggelar event Kontes Burung Merpati Hias dan merupakan Kontes Merpati Hias Terbanyak di Lapangan Merdeka Watampone Jl Petta Ponggawae, Minggu (15/03/2020).

Dalam event bergengsi tingkat Nasional ini ada 48 jenis merpati hias yang diikutkan bertarung, ada beberapa kategori penilaian panitia diantaranya keindahan bentuk tubuh pustur tubuh, pola warna (markeng), balon atau gondok, serta kombinasi warna dan balon.
 
Jenis burung merpati Showking adalah jenis yang mendominasi peserta kontes dari 505 ekor Merpati terdiri dari 6 komunitas yang berasal dari provinsi
Jabar, Jateng, Jatim, DKI Kalbar Sulbar dan Tuan Rumah Sulsel.

Sementara dalam jumlah Merpati yang dihadirkan dalam kontes sebanyak 1007 ekor Merpati yang akhirnya mengantar pelaksana meraih Rekor Muri.

Presiden Indonesian Fancy Pigeon Community IFPC, Joko Wikono mengaku sangat bangga dan bersyukur dapat mengumpulkan 1007 ekor Merpati Hias di Kabupaten Bone, tentunya ini menandakan animo masyarakat untuk memelihara burung merpati hias sangat baik.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bone, Aris Handono menyampaikan bahwa event ini dipersembahkan kepada masyarakat Bone dalam rangka memeriahkan peringatan HJB ke 690.

"Saya berharap kedepan masyakarat Kabupaten Bone semakin meminati memelihara burung merpati hias," ucapnya.

Merpati Show King salah satu jenis merpati yang mendominasi kontes kaliini, Jenis merpati ini memiliki postur yang lebih besar dan lebih bulat, dada lebih lebar, mata cenderung sipit.

Hal ini dikarenakan terlihat tertutup oleh bulu di sekitar matanya, kaki terlihat tegak kokoh, ekor lebih melentik seperti bentuk U dan ekor cenderung pendek, memiliki berat rata-rata 1ekor sekitar 1kg bahkan bisa lebih. 


Sedangkan Merpati King Super/ King U memiliki berat rata-rata sekitar 7 ons, ada yang 1kg tapi sangat langka, umumnya harga jenis burung ini ditawar seharga 30 juta rupiah. (Rasul)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Setelah Sapi, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Catatkan Bone di Rekor MuRI Lewat Merpati

Terkini

Iklan