ads

17 March, 2020

Cegah Wabah Covid 19, Andi Mustaman Ajak Warga Makassar Terapkan Hidup Sehat

Cegah Wabah Covid 19, Andi Mustaman Ajak Warga Makassar  Terapkan Hidup Sehat
banner 336x280

RAKYATSATU.COM, MAKASSAR -
Calon walikota Makassar, Andi Mustaman tak tinggal diam dengan massifnya penyebaran wabah virus corona COVID-19 yang saat ini masuk di Indonesia, khususnya di Sulsel, Kota Makassar.

Kata Andi Mustaman, dirinya selalu mengikuti informasi mengenai bagaimana penyebaran dan penularan virus corona COVID-19.

"World Health Organization (WHO) telah menaikkan status virus corona COVID-19 menjadi pandemi," ujarnya, Selasa (17/3/2020).

Kata dia, salah satu cara mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 seperti yang diintruksikan pemerintah saat ini yakni melakukan kegiatan seperti kerja dan belajar di rumah.

"Kita ketahui bersama, virus corona telah menyebar ke beberapa penjuru negeri, termasuk Indonesia. Penyebaran yang semakin meluas membuat kita perlu memahami mengenai ciri-ciri tubuh terinfeksi virus corona tersebut," ujarnya.

Organisasi kesehatan dunia maupun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention(CDC) telah mengeluarkan imbauan tentang bagaimana penyebaran virus corona, ciri-ciri, gejala maupun cara pencegahannya.

"Dari berbagai literatur yang kita baca dan dengar, ada beberapa cara menghindari penyebaran virus corona. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit," ujarnya.

Selain itu, jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan secara langsung. Tetap di rumah saat Anda sakit.

"Sedang yang tidak sakit untuk mencegah penularan virus corona dengan menerapkan hidup sehat dan menjaga kebersihan," ujarnya.

"Cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin dengan sabun dan air. Jika perlu menggunakan air atau bahan mengandung alkohol akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan kamu," ujarnya.

Kata Aman, sapaan akrabnya. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan berabagai himbauan, baik untuk pelajar hingga para karyawan serta PNS untuk tidak berkantor. Hal ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik.

"Untuk saat ini, saya juga berharap warga Sulsel, khususnya Kota Makassar untuk tidak keluar rumah dulu jika memang tidak begitu penting. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebawah wabah ini," terangnya.

Aman berharap warga Kota Makassar tidak panik dengan banyak informasi soal wabah COVID 19 ini. "Kita percayakan kepada pemerintah untuk mengatasi masalah ini. Tapi, keterlibatan dan kesadaran kita sebagai masyarakat juga sangat penting," paparnya.

"Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ayo jaga kesehatan dengan cara membersihkan lingkungan," harapnya. (**)


Don't Miss

News Feed