-->

Iklan

Iklan

Bupati Sinjai Resmi Operasikan Banawa Nusantara

24/01/20, 18:59 WIB Last Updated 2020-01-24T10:59:40Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) Banawa Nusantara 105 siap beroperasi. Kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan RI untuk Pemerintah Kabupaten Sinjai ini dilaunching oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa di Dermaga Cappa Ujung, Kelurahan Lappa, Sinjai Utara, Jumat (24/01/2020).

Di dampingi Sekretaris Daerah, Akbar Muin dan forkopimda Bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan dr Nikmat B Situru serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam laporannya Kepala Dishub Kabupaten Sinjai, A Irwansyahrani menjelaskan, Kapal Pelra Banawa Nusantara 105 untuk menjangkau sejumlah wilayah kepulauan. Apalagi Sinjai memiliki satu kecamatan yang terdiri dari beberapa pulau.

“Dengan adanya kapal ini akses transportasi antar pulau di kecamatan Pulau Sembilan dan sekitarnya dapat di jangkau. Satu hal penting dengan adanya armada ini mampu menopang  perekonomian masyarakat”, jelasnya.


Sementara itu Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa optimis kapal bantuan hibah dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan ini dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Apalagi kata bupati mengingat sebagian wilayah Kabupaten Sinjai berada di perairan.
"Dalam pengoperasian nantinya dibutuhkan  kesadaran dan perhatian khusus bagaimana memelihara kapal ini dengan sebaik mugkin," harap A Seto.

Sebagai gambaran, Kapal Pelra Banawa Nusantara 105 memiliki panjang sekitar 17,6 meter dengan lebar 4 meter dan bobot sekitar 35 gross ton (GT). Mampu melaju dengan kecepatan 9 Knot. Kelebihan lainnya karena di kabin penumpang sudah di lengkapi dengan pendingin ruangan, audio visual, dapur minimalis, WC sampai dengan penunjang keselamatan penumpang ( life jacket) untuk anak-anak dan dewasa.  (Asw)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Sinjai Resmi Operasikan Banawa Nusantara

Terkini

Iklan