Iklan

Iklan

Sekda Sinjai Buka Sosialisasi Data Pokok Pendidikan

22 Oktober 2019, 7:09 PM WIB Last Updated 2019-10-22T11:09:11Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Sekretaris Daerah Drs. Akbar, M. Si membuka acara Sosialisasi Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Jenjang Pendidikan Dasar Kabupaten Sinjai yang berlangsung di Wisma hHawai, Selasa (22/10/2019).

Ketua panitia H.Muh.Akbar Akib, S.Pd.,M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman para operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik.

Adapun peserta yang diundang operator SMP sebanyak 42 orang, SD sebanyak 243 dan ketua gugus SMP dan SD sebanyak 40 orang serta staf dinas pendidikan sebanyak 25 orang.

"Saya berharap setelah kegiatan ini para operator sekolah dapat memahami mekanisme setiap perubahan yang ada pada sistem dapodik dan melakukan sharing setiap saat, memvalidasi dan memverifikasi minimal setiap semester.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dr. A. Suriyanto Asapa dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini tujuannya untuk menyampaikan tentang sosialisasi dapodik versi terbaru tahun 2020 dan tentunya ada banyak perubahan.

Operator sekolah memiliki peranan yang sangat penting dan menjadi penentu pencairan dana disekolah tersebut. Karena operator sekolah inilah yang mengolah semua data-data yang ada disekolah.

"Saya berharap adanya keterlibatan para pengawas, kepala gugus, kementrian korwil serta khususnya kepala sekolah untuk mendampingi operator dapodik. Karena seperti yang kita ketahui bahwa keterlibatan kepala sekolah dalam pengelolaan Dapodik ini kurang aktif," ujarnya

Selain itu, ia juga menghimbau kepada Para Kepala Sekolah agar lebih aktif lagi untuk mendampingi Operator Sekolahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Drs. Akbar, M. Si dalam sambutannya mengatakan bahwa perkembangan teknologi dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan dan sudah menjalar ke semua sektor kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan.

Dengan adanya aplikasi yang dibuat oleh kemendikbud tentang Dapodik dimana didalamnya membuat data satuan Pendidikan yaitu pendidik, peserta didik, dan tenaga kependidikan serta substansi Pendidikan yang datanya harus terus menerus di perbaharui secara online.

"Di era 4.0 sekarang yang semangatnya mengglobal dengan perkembangan teknologi dan mengharuskan kita ikut berkompetensi di dalamnya sesuai dengan program unggulan Presiden tentang bagaimana melakukan dan memberikan pelayanan melalui internet data dan komunikasi di lakukan dengan penguploadtan baik dalam bentuk masukan ataupun kritikan, sehingga Tenaga yang ada di Dinas Pendidikan harus mampu menggunakan aplikasi dan mampu melihat perkembangan baik secara potensi, geografis maupun sistem-sistem yang berlaku secara internal," jelasnya.

"Saya juga berharap kepada seluruh operator sekolah agar melakukan kerja sama yang baik dengan tenaga-tenaga yang ada di Dinas Pendidikan,"ngkap Sekda. (Asw/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Sekda Sinjai Buka Sosialisasi Data Pokok Pendidikan
  • 0

Terkini

Iklan