Iklan

Iklan

Tingkatkan Pengetahuan, 40 Anggota DPRD Wajo Ikut Orientasi

19 September 2019, 1:29 PM WIB Last Updated 2019-09-19T08:17:32Z

RAKYATSATU. COM,  WAJO -
sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Wajo mengikuti orientasi pembekalan yang dilaksanakan oleh BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, di Hotel Almadera, Makassar.

Kegiatan orientasi terhadap 40 anggota DPRD Wajo ini berlangsung selama 6 hari, mulai Senin 16-20 September 2019.


Kasubag Humas Protokoler DPRD Wajo, Andi Gusti Sam mengatakan orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintah daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi, ini penting sekali bagi anggota DPRD, utamanya yang baru terpilih pada Pileg 2019," katanya.

Dijelaskan dia, selama mengikuti orientasi para anggota dewan akan dibekali materi yang berhubungan dengan tugas anggota dewan itu sendiri, dengan durasi waktu orientasi selama 30 jam pelajaran.

Adapun materi orientasi yang meliputi materi muatan lokal terkait Isu Strategis Daerah dan pemahaman tentang Pancasila, UUD 44, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan wawasan kebangsaan.

Kemudian Internalisasi Integritas, Sistem Pemerintahan Indonesia, Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Hubungan Kerja antara Anggota DPRD dengan Kepala Daerah serta Fungsi, Tugas, Wewenang serta Hak dan Kewajiban DPRD.

"Kemudian di hari terakhir, mereka kembali dibekali materi muatan lokal terkait, Sinkronisasi Program Prioritas Pemprov Sulsel dan Kab/kota SE Sulsel," sambungnya.

Sementara Bupati Wajo, Dr H Amran Mahmud yang membuka kegiatan orientasi, kepada para anggota dewan, memaparkan isu strategis daerah menyongsong era kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Wajo.

Isu strategis tersebut, lanjut dia, telah tertuang dalam misi yang terdiri dari 25 program kerja nyata yang akan terealisasi selama 5 tahun secara bertahap.

"Kita berharap adanya sinergitas antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Wajo tetap terjaga dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Wajo kedepan," harapnya. (Advertorial Humas DPRD Kabupaten Wajo)
Komentar

Tampilkan

  • Tingkatkan Pengetahuan, 40 Anggota DPRD Wajo Ikut Orientasi
  • 0

Terkini

Iklan