ads

10 September, 2019

Begini Upaya Kepala UPT SD Inpres 6/75 Carawali Tingkatkan Wawasan Peserdiknya

Begini Upaya Kepala UPT SD Inpres 6/75 Carawali Tingkatkan Wawasan Peserdiknya
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, yakni SD Inpres 6/75 Carawali yang terletak di Jl Poros Bone-Sinjai Desa Carawali Kecamatan Barebbo, memiliki cara tersendiri dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peserta didik (peserdik)nya dalam bidang umum (semua bidang) selain mata pelajaran yang didapatkan di dalam ruang kelas.

Di sekolah yang dikepalai Mun Sofyan ini, setiap hari Senin sehabis/pasca Upacara Bendera, dilaksanakan semacam pembelajaran di halaman sekolah atau di lapangan Upacara tentang bidang studi tambahan yang tidak didapatkan di ruang belajar (kelas), seperti siraman rohani, pembelajaran cara hidup bersih dan sehat.

Setelah upacara bendera, semua peserta didik dikumpul lalu diberi pengarahan dan pemahaman tentang sejumlah aspek kehidupan, seperti masalah kesehatan pribadi, keluarga dan lingkungan. Selain itu, para peserta didik tersebut dibekali pula wawasan kebangsaan, ceramah agama/siraman rohani, pembelajaran lainnya seperti pentingnya kebersihan dalam lingkungan keluarga dan sekolah.K

KepalaUnit Pelaksana Teknis (UPT) SD Inpres 6/75 Carawali, Muh Sofyan, saat ditemui Rakyatsatu.com, Senin, (09/09/2019), mengatakan bahwa, setiap pekan/setiap hari Senin pasca Upacara Bendera dilaksanakan pembelajaran tambahan atau literasi umum kepada semua peserta didik sebelum menerima pembelajaran di ruang kelas mereka masing-masing.

Pembelajaran tersebut meliputi aspek kehidupan dan semua bidang yang perserta didik tidak dapatkan di ruang kelas atau bukan bidang studi mata pelajaran di kelas.

"Ini rutin kita laksanakan setiap hari Senin sehabis Upacara Bendera. Terkadang kita mendatangkan pemateri dari luar seperti dari Puskemas, TNI-POLRI, dan aktivis. Selain itu, para Tenaga Pendidik dan Kependidikan di sekolah ini bergiliran dalam memberikan materi dan motivasi kepada peserta didik. Waktu yang digunakan maksimal 30 menit," ujar Muh Sofyan.I

Ia menjelaskan, dengan kegiatan pembelajaran tambahan tersebut maka diharapkan semua warga SD Inpres 6/75 Carawali, khususnya para peserta didik memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang berbagai aspek segala bidang dan literasi dalam memahami dan memaknai kehidupan.L

Lanjutnya kalau hanya mengandalkan pembelajaran dalam ruang kelas maka tentu terbatas pada pencapaian kurikulum dan standar yang ingin dicapai. Sehingga pihaknya merasa perlu ada literasi tambahan guna mewujudkan salah tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kita berupaya mewujudkan SDM yang unggul dengan terus meningkatkan pengembangan karakter agar terbentuk anak berkarakter sehingga memiliki bekal kepemimpinan (baik pada dirinya sendiri maupun dalam lingkungannya) sebagai generasi penerus bangsa yang handal di masa depan," pungkasnya.  (Rasul)


Don't Miss

News Feed