ads

04 August, 2019

Untuk Pertama Kalinya Golkar Bone Usulkan Semua Legislatornya Berebut Kursi Ketua DPRD Bone

Untuk Pertama Kalinya Golkar Bone Usulkan Semua Legislatornya Berebut Kursi Ketua DPRD Bone
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Seperti DPD 2 partai Golkar Kabupaten Bone bakal mencetak sejarah. Pasalnya, ini yang pertama kalinya partai pemenang Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Bone ini mengirimkan semua nama legislatornya untuk bersaing merebut kursi Ketua DPRD Kabupaten Bone periode 2019-2024.

Hal itu disebabkan hasil keputusan Rapat Pleno Pengurus DPD 2 Partai Golkar Kabupaten Bone, tentang Pemilihan dan Penetapan Pimpinan Sementara dan Pimpinan DPRD periode 2019-2024, yang dilaksanakan Sabtu 3 Agustus 2019, di Kantor Golkar, Jl. Besse Kajuara Watampone.

Jika selama ini, DPD 2 Golkar Kabupaten Bone hanya mengirimkan maksimal tiga nama untuk calon Ketua DPRD Kabupaten Bone tetapi pada Rapat Pleno tersebut merekomendasikan semua Legislatornya (9 orang) ke DPD 1 partai Golkar Provinsi Sulsel untuk diplenokan kembali menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bone.

Rapat Pleno DPD 2 partai Golkar Kabupaten Bone yang dipimpin oleh Ketua Harian Partai Golkar, Ambo Dalle, berjalan alot. Peserta rapat berargumentasi terhadap calon ketua yang bakal direkomendasikan ke DPD 1 Golkar Provinsi Sulsel.

Padahal kalau melihat aturan yang ada dan itu digunakan maka hanya dua anggota dewan yang bakal diusulkan seperti pada periode-periode sebelumnya.

Namun demikian, rapat pleno tersebut berahir dengan kesepakan bahwa seluruh anggota DPRD dari Partai Golkar periode 2019-2024 yang berjumlah 9 orang tersebut diusulkan ke DPD 1 untuk menjadi Calon Ketua DPRD Bone.

Pada Rapat Pleno tersebut selain dihadiri oleh Pengurus DPD 2 Golkar Bone, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Pengurus DPD 1 partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan, diantaranya Wakil Bendahara DPD 1 Golkar Sulsel, Riswan.

Riswan yang dihubungi Rakyatsatu.com dan Radarsulsel.id, Minggu (04/08/2019) malam, mengatakan, kalau berbicara peluang, semua berpeluang dan memiliki potensi, namun nanti di rapat pleno yang menentukan.

"Cuma kami di Golkar punya mekanisme yang dimana ada juknis tentang penjaringan yang dimana nama-nama yang dari DPD 2 kabupaten/kota akan diplenokan di tingkat provinsi selanjutnya akan diajukan ke DPP," jelas Riswan.

Sementara itu, salah seorang pengamat dan pemerhati politik di Kabupaten Bone, Andi Muh Edi, mengatakan bahwa dengan dikirimnya semua nama legislator Golkar Bone akibat dari rapat pleno DPD 2 Golkar Kabupaten Bone, menandakan ada indikasi kalau para legislator tersebut bersaing untuk menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bone.

"Seingat saya ini baru terjadi di partai Golkar Kabupaten Bone yakni mengirimkan semua nama Legislatornya untuk diplenokan di DPD 1 Golkar Provinsi Sulsel. Semoga ini bukan preseden buruk bagi partai pemenang Pemilu tahun 2019 ini di Kabupaten Bone," ujar Andi Muh Edi.

Ia menambahkan, dengan alotnya rapat pleno DPD 2 Golkar Kabupaten Bone saat membahas Pimpinan DPRD periode 2019-2024 maka menandakan bahwa kursi Ketua DPRD Kabupaten Bone 'sangat seksi'.  (Rasul)

Don't Miss

News Feed