-->

Iklan

Iklan

Perayaan HUT ke-62 Tana Toraja Diawali dengan Ritual Manta'da' dan Mepare

22/08/19, 18:35 WIB Last Updated 2019-08-22T10:35:57Z

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Menyambut Hari Ulang Tahun ke-62 Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja ke-772, ritual adat Toraja mulai digelar di dua tempat yang berbeda, Kamis (22/08/2019).

Pertama, ritual adat Mepare dan Ma'lambuk yang bertempat di Lampio, Kecamatan Sangalla Utara, yang berlangsung sangat meriah dimana warga kompak menggunakan baju adat Toraja.

Kedua, ritual adat Manta'da' yang dilaksanakan di Pura Tambunan Litak (Tongkonan Topada Tindo), Kecamatan Makale Utara oleh umat Hindu Darma Aluk Todolo dan dihadiri Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan Sekda Tana Toraja, Semuel Tande Bura.

Ritual adat Manta'da' yang dilakukan usai panen padi (mepare ) sebagai bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa (Puang Titanan Tallu) dengan rangkaian ritual yang berlangsung khidmat.

To Minaa, Tato' Dena' mengatakan ritual ini, juga sebagai wujud kerinduan pada leluhur yang disampaikan dengan membawa sirih, beras dan pemotongan kurban.

"Ini sebagai wujud kerinduan pada leluhur yang disampaikan dengan membawa sirih, beras dan pemotongan kurban,"jelas Tato' Dena'.

Bupati Nico pun berharap lewat ritual Manta'da' ini keberagaman yang ada di Tana Toraja, tetap terpelihara dan menyatu dalam bingkai Toraya Maelo. (Kris)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perayaan HUT ke-62 Tana Toraja Diawali dengan Ritual Manta'da' dan Mepare

Terkini

Iklan