Iklan

Iklan

Hadiri Kegiatan Sinkronisasi Program Pencegahan Anak Kerdil, Ini Harapan Bunda Paud Sinjai

30 Agustus 2019, 1:51 PM WIB Last Updated 2019-08-30T05:51:25Z
RAKYATSATU.COM, SURABAYA - Bunda PAUD Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto mengikuti kegiatan Sinkronisasi Pogram Pencegahan Anak Kerdil Melalui Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD Menggunakan Anggaran Desa Tahun 2019, bertempat di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Jawa Timur, Kamis malam (28/08/2019).

Acara ini dibuka oleh Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (PGTK PAUD dan Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, DR. Abdoellah M.PD.

Dalam sambutannya, Abdoellah mengatakan bahwa sinkronisasi ini dimaksudkan untuk melihat data dan kesiapan 25 kabupaten sasaran dalam melaksanakan program pencegahan anak kerdil melalui penganggaran dana desa pada Tahun 2020 mendatang. Hal ini menurutnya dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi pendidik PAUD di desa-desa. 

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto mengatakan bahwa pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam pencegahan anak kerdil atau stunting.

Menurutnya, masa perkembangan anak usia PAUD merupakan masa-masa keemasan pertumbuhan otak anak, sedangkan stunting itu sendiri bukan hanya mengenai fisik tetapi juga pertumbuhan otak anak-anak sehingga kualitas pendidik PAUD sebagai ujung tombak perlu dioptimalkan. 

"Anak-anak kita adalah aset daerah dan bangsa, maka hal ini harus menjadi tanggung jawab bersama pemerintah daerah dan tentunya juga pemerintah desa. Kita akan upayakan bersama-sama melalui dana desa demi percepatan penanggulangan anak kerdil di Sinjai," katanya.

Andi Nurhilda juga berharap selain meningkatkan kualitas guru PAUD, beberapa pencetus terjadinya stunting juga harus menjadi perhatian bersama contohnya kebersihan lingkungan, sanitasi, serta bagaimana mengedukasi para orangtua. 

Turut mendampingi Bunda PAUD Kabupaten Sinjai yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Yuhadi Samad, M.Si; Sekretaris Dinas Pendidikan, Hj. Andi Sompa, S.Pt; M.Si; Camat Sinjai Tengah, Muh. Jufri, S.Sos; Kepala Desa Bonto, Mappiare, S.Sos. (Hums)


Komentar

Tampilkan

  • Hadiri Kegiatan Sinkronisasi Program Pencegahan Anak Kerdil, Ini Harapan Bunda Paud Sinjai
  • 0

Terkini

Iklan