Iklan

Iklan

Satgas TMMD Kodim 1424/Sinjai Berikan Penyuluhan Penanganan Bencana Alam

26/07/19, 10:41 WIB Last Updated 2019-07-26T02:41:53Z

RAKYATSATU.COM, SINJAI -
Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 105 Kodim 1424/Sinjai selain mengerjakan sasaran fisik juga melaksanakan kegiatan non fisik diantaranya adalah, dengan pemberian penyuluhan dan sosialisasi. 


Salah satu penyuluhan yang diberikan adalah tentang pengetahuan bencana alam bertempat di aula kantor desa Tompobulu dusn data Kecamatan Bulupoddo, Kamis (25/7/2019)


Acara tersebut diselenggarakan oleh satgas TMMD bersama tim penyuluhan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) kabupaten Sinjai. Kegiatan penyuluhan bertempat di aula kantor desa Tompobulu dusn data Kecamatan Bulupoddo dengan pembawa materi  Samsul Ahmad dan dibantu 2 orang rekannya.


Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut secara ringkasnya adalah,gambaran umum tentang penanggulangan bencan, perbedaan bencana alam dan non alam seperti konflik sosial, Pengenalan terhadap bencana. 


Apa itu bencana, dan apa saja jenis-jenis bencana,Konsep kejadian bencana, Pemberitahuan kejadian bencana di daerah, Analisis bencana di kabupaten Sinjai, Penyelenggaraan penanggulangan bencana, Cara mengenali bencana serta mengurangi resikonya,Tugas dan fungsi relawan dalam penanggulangan bencana.


"Bencana yang sering terjadi di Kabupaten Sinjai yaitu banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gempa bumi, jangan mudah terpancing isu bencana gempa bumi krn ada beberpa oknum yang memanfaatkan situasi seperti pencurian," jelas Samsul Ahmad dalam materinya.


Diharapkan melalui penyuluhan tersebut masyarakat akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana di daerah khususnya desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai. (Rasul)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Satgas TMMD Kodim 1424/Sinjai Berikan Penyuluhan Penanganan Bencana Alam

Terkini

Iklan