ads

29 July, 2019

Kelurahan Biru Gelar Bimtek PHBS dan Pengelolaan Persampahan, Camat Tanete Riattang Bilang Begini

Kelurahan Biru Gelar Bimtek PHBS dan Pengelolaan Persampahan, Camat Tanete Riattang Bilang Begini
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Guna mewujudkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), khususnya di Kelurahan Biru maka pemerintah Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) PHBS serta pengelolaan persampahan yang dibuka Camat Tanete Riattang, Andi Saharudin, di Aula Kantor Kelurahan Biru, Jl KH Sulaeman, Senin (29/07/2019).

Andi Saharudin dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut apalagi kegiatan PHBS dan pengelolaan persampahan, baru Kelurahan Biru yang melaksanakannya di wilayah Pemerintahan Kecamatan Tanete Riattang. Ia pun berharap agar kelurahan lainnya segera melakukan hal yang sama.

"Kita berharap kelurahan lainnya melakukan hal yang sama karena kegiatan ini sangat penting. Olehnya itu saya sangat mengapresiasi Pemerintah Kelurahan Biru," ujar Andi Saharudin.

Pada kesempatan tersebut ia pun mengajak para Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan Kelurahan Biru agar terus bersinergi memerangi sampah dan tidak pernah kendur dalam berbuat.

"Kepada Satgas Kebersihan, jangan pernah kendur, semangat tidak boleh turun.Mari kita landaskan/tanamkan dalam diri bekerja secara ikhlas dan menjadikannya ibadah, yang kita hadapi bukan hanya sampah yang ada di jalan tetapi bagaimana kita mampu menyadarkan dan menanamkan kesadaran masyarakat agar sadar akan kebersihan sehingga berperilaku hidup bersih dan sehat," tegasnya.

Ia pun mengajak segenap elemen, baik pemerintah, Satgas Kebersihan, instansi terkait untuk komitmen bersama.

"Persoalan sampah merupakan musuh kita bersama, sehingga tidak ada lagi kata saling menyalahkan. Mari kita bersama-sama menumbuhkan dalam diri kita bahwa kebersihan itu sebagian dari iman," ujarnya.

Ketua Panitia pelaksana Bimtek PHBS dan Pengelolaan Persampahan, Andi Satriadi Asdi, yang juga Sekretaris Lurah (Seklur) Biru dalam laporannya, menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat partisipasi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bone.

Sehingga ia berharap para peserta yang terdiri dari perwakilan masyarakat, Satgas Kebersihan Kelurahan Biru dan Kepala Lingkungan dalam wilayah Pemerintahan Kelurahan Biru, benar-benar mengikuti materi yang disampaikan para pemateri agar kegiatan ini tidak berjalan begitu saja.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbag B3 Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Bone, Andi Padauleng yang hadir sebagai pemateri dalam materinya menjelaskan Kebijakan dan Strategi Pemerintah Kabupaten Bone dalam Penanganan Sampah Domestik dan Sampah Sejenis Domestik 

Sementara itu, Lurah Biru, Andi Muh Hasbi, menjelaskan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku yang dipraktekkan oleh setiap individu dengan kesadaran sendiri untuk meningkatkan kesehatannya dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat. 

PHBS harus diterapkan dalam setiap lini kehidupan manusia kapan saja dan dimana saja. Seperti halnya PHBS di rumah tangga/keluarga, institusi kesehatan, tempat-tempat umum, sekolah maupun di tempat kerja karena perilaku tersebut merupakan sikap dan tindakan yang akan membentuk kebiasaan seseorang untuk berperilaku sehat.

Salah satu manfaat diterapkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga/keluarga ialah; anggota keluarga meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit, produktivitas anggota keluarga meningkat, dan anak tumbuh sehat dan cerdas.

"Marilah kita mulai dari yang kecil untuk membiasakan untuk hidup sehat, karena sehat adalah sebuah kebutuhan dan bukan pilihan," tegas Andi Muh Hasbi.  

Pada kesempatan tersebut diserahkan pula alat kebersihan secara simbolis kepada Koordinator Satgas Kebersihan Kelurahan Biru, Abd Latif bersama salah seorang anggotanya Hj Syamsiar. (Rasul)
Don't Miss

News Feed