Iklan

Iklan

Bendungan Way Sekampung Garapan Waskita Akan dijadikan Pembangkit listrik

26 Juli 2019, 10:35 AM WIB Last Updated 2019-07-26T02:35:01Z

RAKYATSATU.COM, JAKARTA
- PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) sebagai kontraktor Pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, saat ini tengah mengerjakan proyek tersebut dengan progres konstruksi sampai dengan saat ini telah mencapai 53,4%. 


Bendungan yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memasuki tahap pengelakan sungai yang ditandai dengan seremonial pengelakan sungai Way Sekampung pada Kamis (25/7/2019).


 Setelah dielakan maka air sungai mengalir melalui saluran pengelak (Terowongan) kemudian tubuh bendung dapat mulai dilaksanakan kegiatan konstruksinya di bekas aliran sungai yang lama.  


 “Selain bermanfaat untuk irigasi, Bendungan Way Sekampung ini diharapkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air baku, pembangkit listrik dan menjadi daerah pariwisata“, ungkap SVP Infrastructure 3 Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Aris Mujiono, dalam keterangan pers, Jumat (26/7). 


 Konstruksi Bendungan Way Sekampung paket 2 dikerjakan oleh Kerja Sama Operasi (KSO) PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan porsi sebesar 62,5% bersama dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan porsi sebesar 37,5% sejak tanggal 28 September 2016 dan ditargetkan selesai September 2020. 


Proyek ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 829 miliar meliputi pekerjaan jalan dan jembatan, bangunan pelimpah (spillway), bangunan pengambilan, pekerjaan hidromekanikal, bangunan fasilitas, bangunan pengelak (terowongan), cofferdam dan bendungan utama.  


Bendungan Way Sekampung yang memiliki kapasitas tampung 68 juta meter3 dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Bandar Lampung, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Selatan sebesar 2,48 m3/detik. 


Selain itu, bendungan ini akan memberikan pasokan air irigasi seluas 72.707 hektar, potensi listrik 5,4 MW, dan mereduksi banjir 185 m3/detik. 


Turut hadir dalam acara peresmian ini Kepala Pusat Bendungan Ni Made Sumiarsih, Bupati Kabupaten Pringsewu Sujadi Saddat, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Iriandi Azwartika, dan SVP Infrastructure 3 Division PT Waskita Karya (Persero) Tbk Aris Mujiono.

Komentar

Tampilkan

  • Bendungan Way Sekampung Garapan Waskita Akan dijadikan Pembangkit listrik
  • 0

Terkini

Iklan