ads

10 May, 2019

Begini Pengakuan Kepala UPTD Puskesmas Terhadap Program JKN-KIS

Begini Pengakuan Kepala UPTD Puskesmas Terhadap  Program JKN-KIS
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Kepala UPTD Puskesmas Kahu Kabupaten Bone, Jamaluddin, menyampaikan bahwa kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) saat ini telah memberi manfaat yang luas terhadap pembangunan kesehatan masyarakat. Hal ini tentu tidak terlepas dari peran puskesmas di dalamnya.

Puskesmas merupakan salah satu pilar utama pelayanan kesehatan dalam Era JKN-KIS. Puskesmas memiliki peranan sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang berfungsi sebagai tempat pemberian pelayanan yang pertama dikunjungi oleh masyarakat dalam mengakses manfaat Program JKN-KIS.

Adapun jenis pelayanan yang diberikan bersifat promotif, preventif dan kuratif. Pada pelayanan kesehatan kuratif (pengobatan) puskesmas melayani kasus-kasus penyakit non spesialistik dan menyaring penyakit spesialistik untuk dapat ditangani di rumah sakit.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jamaluddin pada saat ditemui oleh Tim Jamkesnews (07/05/2019) di tempat kerjanya.

“Saya kira masyakarat saat ini sudah sangat merasakan manfaat program ini. Kalau kami di Puskesmas Kahu, beberapa penyakit di masyarakat selama ini dapat tertangani dengan baik. Khusus untuk kasus persalinan adalah termasuk yang paling dirasakan manfaatnya, apalagi untuk persalinan kan biasanya tidak bisa diprediksi apakah melahirkan normal atau ada komplikasi sehingga ibu yang akan melahirkan sangat terbantu dengan adanya pelayanan persalinan di puskesmas," ujar Jamaluddin.

Jamaluddin juga menambahkan bahwa sistem rujukan online saat ini yang dijalankan sudah sangat baik dan cukup memudahkan peserta karena disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

“Puskesmas Kahu terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dalam hal peningkatan sarana dan prasarana. Sebagian dana kapitasi kami alokasikan juga untuk pemenuhan sarana dan prasarana apalagi yang menunjang untuk peningkatan akreditasi puskesmas,” lanjut Jamaluddin

Menutup pembicaraan, Jamaluddin menyampaikan harapannya agar program ini dapat terus berkesinambungan sehingga manfaat kepesertaan dapat dirasakan oleh masyarakat. Bagi peserta agar dapat membayar iuran secara rutin serta bagi masyarakat yang belum mendaftar agar dapat mendaftar sebelum sakit sehingga dapat dijamin pelayanannya pada saat sakit. (Rasul)
Area lampiran

Don't Miss

News Feed