ads

02 April, 2019

KPU Tana Toraja Gelar Uji Coba Penggunaan Aplikasi SITung untuk Pemilu 2019

KPU Tana Toraja Gelar Uji Coba Penggunaan Aplikasi SITung untuk Pemilu 2019
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja, menggelar uji coba penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITung) Pemilu 2019, Selasa (02/04/2019).

Sebanyak 25 orang dilibatkan dalam uji coba SiTung ini, yang terdiri dari 19 orang operator, 5 orang verifikator dan 1 orang koordinator, bersama-sama melakukan uji coba untuk melatih agar memudahkan proses penginputan di hari pemilihan nanti.

Koordinator SITung, Isak Pareang, yang juga merupakan Seketaris KPU Tana Toraja mengatakan dalam uji coba ini tentu banyak pengalaman yang didapatkan bagi para operator. Beberapa kekurangan pun menjadi bagian penting untuk nantinya dilengkapi sebelum pemilihan.

"Banyak pengalaman yang didapatkan operator. Kita jadi tau kekurangan yang harus dilengkapi nantinya," ucap Isak.

Latihan penginputan cepat pun akan berguna nantinya mengingat waktu yang diberikan kepada setiap kabupaten hanya 5 x 24 jam setelah Pemilu.

Dalam uji coba tahap II ini, operator diberikan target menginput 50 % dari jumlah TPS yang ada, dimana jumlah TPS yang di Kabupaten Tana Toraja sebanyak 769 TPS dari 19 Kecamatan.

Operator Utama Inggrid VM (Staff Teknis KPU) menambahkan kendala yang dialami dalam uji coba tahap II ini yakni signal yang masih naik turun sehingga melambatkan proses pindai data ke server.

Setelah ini, uji coba Aplikasi SITung pun akan lebih dimantapkan di tahap III yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 April 2019 mendatang. (Kris)
Don't Miss

News Feed