Iklan

Iklan

Bupati Sinjai Serahkan Kartu Tani ke Warga Sinjai Selatan dan Borong

16 April 2019, 2:48 PM WIB Last Updated 2019-04-16T06:48:30Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, S.H.,LLM menyerahkan secara simbolis kartu tani kepada petani di Kecamatan Sinjai Selatan dan Sinjai Borong, bertempat di Aula Kantor Camat Sinjai Selatan, Selasa (16/04/2019).

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Pemerintah Kabupaten Sinjai, dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan, Holtikutura, dan Perkebunan Kabupaten Sinjai.

Pimpinan BRI Cabang Sinjai, Hamid Rusdianto dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kartu Tani merupakan kartu yang akan digunakan petani dalam bertransaksi menebus pupuk bersubsidi melalui mesin Electronic Data Captured (EDC).

"Kartu tani ini akan dibagikan kepada seluruh petani di Sinjai yang masuk dalam daftar Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) secara bertahap," katanya.

Lanjut Hamid dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk saat ini Sinjai telah menerima 18.000 kartu, dimana khusus untuk Kecamatan Sinjai Selatan dan Sinjai Borong menerima 7.400 kartu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Bagian Bisnis Kredit Kecil dan Kemitraan BRI Kanwil Makassar, Yus Marasabessi mensosialisasikan cara penggunaan dan ketentuan yang mengatur Kartu Tani tersebut.

Ia juga memuji upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) yang melakukan pendataan dengan sangat baik sehingga Kabupaten Sinjai menjadi kabupaten penerima kartu tani terbanyak di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang dilakukan BRI dan Dinas TPHP sehingga petani di empat Kecamatan di Kabupaten Sinjai, yakni Sinjai Selatan, Sinjai Barat, Tellulimpoe, dan Sinjai Tengah hari ini sudah bisa menerima kartu tani.

Menurutnya, program kartu tani sangat sejalan dengan visi misi pemerintah daerah untuk mensejahterakan dan memudahkan aktivitas petani, dimana kartu tani ini bukan hanya digunakan untuk transaksi pupuk subsidi tapi juga sudah bisa digunakan sebagai tabungan.

"Kartu tani ini juga memudahkan petani untuk mendapatkan akses kredit perbankan seperti yang selalu didorong oleh pemda melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah," ungkapnya.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa juga berharap kepada pimpinan BRI, agar mengadakan pertemuan lebih lanjut sehingga para petani bisa mendapatkan penjelasan lengkap mengenai kartu tani sehingga tidak salah dalam penggunaannya.

Selain kartu tani, Bupati juga menyerahkan 2 unit mesin pencacah pakan kepada 2 kelompok tani.

Acara tersebut di hadiri dari Pimpinan Kanwil BRI Makassar yang diwakili Yus Marasabesi, Kepala Seksi Bagian Bisnis Kredit Kecil dan Kemitraan, Pimpinan Cabang BRI Sinjai, jajaran Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, para penyuluh pertanian, para kelompok tani, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda Se-Kecamatan Sinjai Selatan. (Ian/Humas)
Komentar

Tampilkan

  • Bupati Sinjai Serahkan Kartu Tani ke Warga Sinjai Selatan dan Borong
  • 0

Terkini

Iklan