ads

03 April, 2019

Bupati Sinjai Ikut Mencoblos Dalam Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara KPU

Bupati Sinjai Ikut Mencoblos Dalam Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara KPU
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, SINJAI -  Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, melakukan pencoblosan pada simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu serentak 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sinjai, Rabu (03/04/2019)

Dalam simulasinya, terpantau Andi Seto melakukan pencoblosan terhadap 5 surat suara, bersama Ketua KPU Sinjai, Muh Naim dan Plt Inspektur Inspektorat Sinjai, Irwan Suaib, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 BTN Gojeng Permai, di Lingkungan Batu Pake Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara.

Meski dalam simulasi pencoblosan, Andi Seto terbilang cepat dengan durasi sekira 2 menit, namun ia mengaku kesulitan dalam pencoblosan nantinya ada pada surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Selain karena tidak adanya gambar Caleg, juga karena surat suara yang terbilang besar sedangkan ukuran bilik suara yang berukuran kecil termasuk cara melipat surat suara.

”Dikhawatirkan jangan sampai masyarakat tidak membuka lebar kertas suaranya atau kalau dibuka kertasnya sobek, mana baru mau mencari callonnya yang tidak ada gambar, ini yang menjadi kesulitannya,” kata Andi Seto usai mencoblos.

Dari hitungan media ini, setidaknya pemilih memerlukan durasi kurang lebih 5 menit bagi pemilih yang masih dalam kondisi usia sekira 17-45 tahun, sedang bagi pemilih diatas 45 tahun memerlukan durasi 10 menit untuk mencoblos di 5 surat suara baik Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Sementara Ketua KPU Sinjai, Muh Naim mengungkapkan, tujuan simulasi ini untuk menggambarkan proses pemungutan dan penghitungan suara pada hari pencoblosan 17 April mendatang.

”Adanya putusan MK kita diberi waktu 12 jam mulai pukul 00:00 pada hari H, makanya kami ingin tahu berapa waktu yang digunakan seluruh proses pemungutan dan penghitungan suara,” kuncinya. (Ian/Ads)
Don't Miss

News Feed