ads

03 April, 2019

Bersama KPU Bone, PPS Biru Bimtek KPPSnya Sekaligus Gelar Sosialisasi dan Simulasi Tungsura

Bersama KPU Bone, PPS Biru Bimtek KPPSnya Sekaligus Gelar Sosialisasi dan Simulasi Tungsura
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Guna menyukseskan Pemilu 2019 di Kabupaten Bone, khususnya di Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Biru melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Biru, di Aula SMKN 7 Bone, Jl Lapawawoi Kr Sigeri, Rabu (03/04/2019).

Ketua PPS Kelurahan Biru, Rusnaedi, mengatakan, bimtek terhadap KPPS sangat perlu dilakukan, sebab KPPS memiliki tugas dan tanggungjawab di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sangat berat.

Hal itu diungkapkan Rusnaedi saat melakukan bimtek terhadap KPPSnya sekaligus melakukan simulasi dan sosialisasi Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Tugas dan tanggungjawab KPPS sangat berat. Olehnya itu perlu dilakukan bimtek dan sosialisasi terkait tugas dan fungsi serta kewenangan KPPS di TPS agar Pemilu 2019 dapat berjalan dengan sukses. Bimtek dan sosialisasi serta simulasi ini terlaksana berkat kerjasama PPS dan KPU Kabupaten Bone," jelas Rusnaedi.

Selain itu, Rusnaedi dalam sambutannya mengatakan, guna mengantisipasi terjadinya kesalahan teknis yang berisiko fatal maka diharapakan KPPS menjalin sinergi, kerjasama dan koordinasi dengan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di TPSnya masing-masing.

"Saya harap agar rangkaian kegiatan di TPS terdokumentasi dalam administrasi, salah satunya berita acara serta KPPS harus selalu bersinergi dan berkordinasi serta bekerjasama dengan semua elemen di TPS agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," harap Rusnaedi.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Bone, Nasruddin Zaelani, yang membuka kegiatan tersebut, dalam sambutan dan materinya menegaskan dan mengingatkan agar jangan pernah ada kegiatan foto di bilik suara karena itu adalah salah satu kategori pelanggan berat.

Selain itu, dalam materinya, mantan jurnalis yang akrab disapa Atho, menegaskan pula bahwa suksesnya Pemilu 2019 ini tidak terlepas dari peran dan tanggungjawab KPPS.

Kegiatan Bimtek dan Sosialisasi serta Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara ini diikuti oleh 175 orang KPPS se Kelurahan Biru yang akan tersebar di 25 TPS yang ada di Kelurahan Biru dan ada pula 25 orang PTPS yang diakomodir dan dikoordinir oleh PPL Kelurahan Biru.

Selain itu hadir pula Ketua Panwascam Tanete Riattang, Nirwadi dan segenap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanete Riattang.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed