Iklan

Iklan

Pemda Gelar Peningkatan Kapasitas Bagi Aparat Kecamatan, Lurah dan Desa

21 Maret 2019, 12:57 PM WIB Last Updated 2019-03-21T04:57:37Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Asisten Administrasi Pemerintahan, DR H Muhlis Isma, mewakili Bupati Sinjai membuka acara Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur Kecamatan dan Desa tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2019, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Kamis (21/03/2019).

Acara ini mengambil tema Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur Kecamatan dan Desa tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2019.

Kepala Bagian Pemerintahan yang juga selaku Ketua Panitia, A Yusran Maddolangeng, dalam laporannya menyampaikan bahwa banyak hal yang perlu dibenahi utamanya dalam penghitungan pajak, tahun ini, selain desa kelurahan juga memperoleh anggaran karena itu perlu diberikan pemahaman yang baru tentang mekanisme pajak, bagaimana menghitung dan membayar pajak.

"Dengan kegiatan ini diharapkan peningkatan skill keterampilan bagi penyelenggara khususnya bidang administrasi pemerintahan dan pelayanan publik dengan sasaran 67 desa 13 kelurahan," jelasnya.

Kepala Kantor Pajak Pratama Bulukumba, Sofyan dalam sambutannya menyampaikan ilmu pengetahuan perpajakan bagi bendahara harus selalu update.

"Tahun ini, Alokasi Dana Desa (ADD) 70 triliun bagi 75 ribu desa di seluruh Indonesia dimana terdapat 2.225 desa di Sulawesi Selatan dimana ADD tersebut dananya sebagian bersumber dari pajak yang Bapak/Ibu bayar.Tahun 2018 lalu kami mengapresiasi 3 desa terbaik yang telah melaporkan pajak, yaitu Desa Kampala Kecamatan Sinjai Timur, Desa Palae Kecamatan Sinjai Selatan dan Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur," jelasnya.

Sementara Asisten Administrasi Pemerintahan mewakili Bupati Sinjai, DR H Muhlis Isma, membacakan sambutan Bupati menyampaikan bahwa fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka melalui kegiatan ini pemerintah Kabupaten Sinjai terus berupaya meningkatkan kecerdasan dan kualitas sumber daya aparatur yang handal, unggul dan berdaya saing.

Setiap aparat pemerintah, baik di kecamatan, kelurahan dan desa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab  agar dapat menciptakan kualitas kinerja serta pelayanan yang optimal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat apalagi saat ini masyarakat sudah semakin kritis dalam menyampaikan berbagai apresiasi tak terkecuali soal pelayanan yang dirasakan baik pemerintah kecamatan, kelurahan maupun pemerintah desa.

"Oleh karena itu, para camat, lurah dan kepala desa harus mampu memberikan pelayanan yang optimal dan menjalankan penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, aspiratif, partisipatif dan transparan," ujarnya.

Dia berharap program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan dan desa, berupa peningkatan kapasitas sumber daya manusia secara berkelanjutan guna mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan program dan regulasi yang setiap saat mengalami perubahan, sehingga kita dapat melaksanakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan pada rel yang telah ditentukan.

"Kepada seluruh aparatur pemerintah daerah agar selalu berupaya meningkatkan disiplin dan etos kerja, memiliki kepedulian dan semangat kebersamaan untuk melaksanakan seluruh program pendapatan dan belanja daerah kabupaten maupun anggaran pendapatan dan belanja desa," jelasnya.

Selaku narasumber kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur kecamatan dan desa adalah  Dr M H Idris Patarai, dari IPDN Makassar dengan materi Filsafat Pemerintahan Dalam Perspektif Kelembagaan dan Idham Ismail, selaku Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Bulukumba.

Dalam acara tersebut berlangsung penyerahan cinderamata antara IPDN dengan Pemda Sinjai serta penyerahan souvenir bagi 3 desa terbaik dalam perolehan pajak, yaitu Desa Kampala, Desa Palae dan Desa Bongki Lengkese.

Hadir dalam acara ini, Kepala Kantor Pajak Pratama Bulukumba, Kepala Seksi Penyuluhan Pajak Pratama Bulukumba, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Sinjai (Ian/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Pemda Gelar Peningkatan Kapasitas Bagi Aparat Kecamatan, Lurah dan Desa
  • 0

Terkini

Iklan