Iklan

Iklan

Libatkan Anak Dalam Pemerintahan, Bupati Sinjai Buka Musrembang Anak 2019

18 Maret 2019, 7:06 PM WIB Last Updated 2019-03-18T11:06:18Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH, LLM membuka Musrenbang Anak 2019 dengan tema, 'suara hati anak Sinjai wujud partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan' bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang, Senin (18/3)

Kepala BAPPEDA Drs.Andi Ilham Abu bakar, MH dalam laporannya menyampaikan bahwa sebagai bentuk partisipasi dan dukungan maka diadakanlah Musrenbang Anak setiap tahun, dan tahun ini merupakan yang kelima kalinya diadakan untuk menjadi fasilitator perencana anak, hal ini penting untuk meningkatkan forum anak se-kabupaten dalam menyuarakan suara hati teman-teman mereka.

Musrenbang Anak merupakan salah satu indikator untuk meraih kota layak anak tingkat pertama semoga tahun ini naik ke tingkat madya dan kegiatan Musrenbang Anak diawali dengan proses rembug anak.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan usulan sebagai bahan penyusunan RKPD 2020 serta peningkatan partisipasi anak di berbagai sektor dengan jumlah peserta sekitar 200 orang yang terdiri dari forum anak kabupaten, forum anak disabilitas, forum anak kecamatan dan forum anak non formal," jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov.Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Ir.Suciati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk menuju provinsi layak anak.

Saat ini Sinjai dapat meningkatkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Musrenbang adalah wadah untuk menyampaikan aspirasi anak-anak sehingga dapat menjadi pelopor dan pelapor.

RSUD Sinjai adalah salah satu rumah sakit yang merupakan layak anak dengan dukungan fasilitas yang mendukung pula untuk penyandang disabilitas.

"Semoga apa yang anak-anak usulkan mendapatkan respon dari para ayah dan bunda di pemerintahan," harapnya.

Dalam acara tersebut, setiap kelompok dalam rembug anak menyampaikan usulan masing-masing diawali dari forum anak Kecamatan Pulau Sembilan.

Sementara itu, Bupati Sinjai dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita akan memfasilitasi anak-anak dalam Musrenbang dimana anak-anak kita ini merupakan generasi mendatang yang akan membangun Sinjai di masa yang akan datang.

"Hal ini merupakan tugas kita semua, saya telah meresmikan 13 forum anak di 13 desa di Sinjai, dan tentunya jika terkait anak akan kami tuntaskan dan untuk perencanaan tentang peningkatan status Kabupaten Layak Anak dari pratama ke madya hal ini telah kami sampaikan kepada pemerintah daerah khususnya pelayan publik untuk memperhatikan pengadaan fasilitas pendukung disabilitas dan anak," jelasnya. (Ian/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Libatkan Anak Dalam Pemerintahan, Bupati Sinjai Buka Musrembang Anak 2019
  • 0

Terkini

Iklan