ads

11 February, 2019

UPT Puskesmas Biru Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor, Ini Dibahas

UPT Puskesmas Biru Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor, Ini Dibahas
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Lokakarya Mini Tribulanan Pertama Lintas Sektor dilaksanakan di wilayah UPT Puskesmas Biru, di aula Puskesmas Biru, Jl Gatot Subroto, Kelurahan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Senin (11/02/2019). Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Tanete Riattang, Andi Saharuddin.

Dalam sambutannya, Andi Saharuddin lebih menekankan dan mengajak para Lurah dan Kepala Sekolah serta unsur Tripika Kecamatan Tanete Riattang yang menghadiri kegiatan tersebut untuk berprilaku hidup sehat di lingkungan masing-masing dengan cara menjaga dan memelihara kebersihan.

"Mari kita mengingatkan dan menyadarkan masyarakat kita tentang pentingnya pola hidup sehat serta mengajak dan menghimbau seluruh masyarakat bersama elemen masyarakat agar selalu melakukan pembersihan di lingkungan masing-masing dengan cara kita harus menjadi contoh," harap Andi Saharuddin.

Sedangkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bone yang diwakili dr Yusuf, mengatakan, pelaksanaan Lokakarya Mini Tribulanan Pertama Lintas Sektor di wilayah kerja UPT Puskesmas dilaksanakan empat (4) kali dalam setahun sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengemukakan bahwa pada saat ini Dinas Kesehatan fokus pada beberapa sektor sesuai dengan fokus kegiatan Kementerian Kesehatan.

Adapun hal itu, antara lain fokus pada imunisasi, dimana masyarakat Indonesia harus mendapatkan imunisasi yang tinggi dan merata.

Fokus meminimalisir TBC, apalagi pada saat ini Indonesia rangking tiga di dunia sebagai penderita TBC dan fokus pada masalah gizi/stunting.

Selain itu, ia juga membahas masalah ODF, apalagi di 2019 akan dilaksanakan verifikasi kabupaten sehat.

Kemudian ia juga sempat menyinggung masalah orang gangguan jiwa. Terlebih Bupati Bone telah membentuk di tingkat kabupaten suatu tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat untuk menangani ga gguan jiwa secara khusus.

"Bagaimana bisa membangun kesehatan masyarakat kalau lintas sektor tidak baik," ujar dr Yusuf.

Kegiatan tersebut dihadiri unsur Tripika Tanete Riattang, Kepala UPT Puskesmas Biru, para lurah dan kepala sekolah se Kecamatan Tanete Riattang. (Rasul)
Don't Miss

News Feed