ads

27 December, 2018

Personil Makorem 141/Tp Dibekali Mekanisme Anggaran Belanja Negara

Personil Makorem 141/Tp Dibekali Mekanisme Anggaran Belanja Negara
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melaksanakan sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan No 143/Pmk.05/2018 Tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Belanja Negara Dilingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia, yang dibuka oleh Danrem 141/Tp, Kolonel Inf Suwarno, di Aula Sudirman Makorem 141/Tp, Jl Jenderal Sudirman Watampone, Kamis (27/12/2018).

Paur Prod Penrem 141/Tp, Lettu Arh Darwis, mengatakan, KPPN adalah kantor pelayanan perbendaharaan negara, salah satu fungsi dari KPPN adalah melayani setiap instansi pemerintahan dalam melakukan pembayaran. Artinya instansi yang berada di bawah naungan departemen keuangan ini adalah memberikan pelayanan terhadap instansi lainnya.

Sementara itu, Danrem 141/Tp dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kepala KPPN Watampone beserta Tim di Korem 141/Tp dengan harapan semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi optimalisasi pelaksanaan tugas Korem 141/Tp.

"Materi sosialisasi ini saya anggap penting, mengingat pelaksanaan belanja negara merupakan upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang sesuai dengan tata kelola keuangan yang diamanatkan pada tiga paket Undang-Undang di bidang Keuangan Negara, Perbendaharaan Negara dan Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Negara," ujar Kolonel Inf Suwarno. 

Penerapan transparansi dan akuntabilitas belanja pemerintah diwujudkan dengan pelaporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.

Penerapan transparansi dan akuntabilitas tersebut tetap memperhatikan prinsip-prinsip karakteristik organisasi pada Kemhan dan TNI yang memisahkan pengelolaan organisasi pengelola keuangan dan organisasi operasional TNI.

Selain itu juga memperhatikan percepatan Implementasi PMK Nomor 143/PMK 05/2018 dalam hal Pejabat Perbendaharaan Negara.

Selesai pembukaan dilanjutkan dengan penandatanganan Fakta Integritas oleh Danrem 141/Tp Kepada KPPN Watampone  yang dirangkaikan dengan Sosialisasi yang  dibawakan oleh Rosdiana selaku Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Kepala KPPN Watampone Moch. Fajar Adcha beserta Tim, Kasiren Progar Korem 141/Tp Letkol Inf M Kasim, Pakurem 141/Tp Mayor Cku Aryanto, para personel Staf Pembuat Wabku dan Juyar Jajaran Korem 141/Tp sebanyak 48 orang.  (Rasul)

Don't Miss

News Feed