ads

10 December, 2018

Kementerian Pertanian RI Bersama Danrem 141/Tp Lakukan Tanam Perdana pada Sawah Baru di Bone

Kementerian Pertanian RI Bersama Danrem 141/Tp Lakukan Tanam Perdana pada Sawah Baru di Bone
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, BONE - Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Kementerian Pertanian RI, Indah Megahwati bersana Danrem 141/Tp dan Pemkab Bone serta Forkopimda Bone melaksanakan tanam perdana di cetak sawah baru, di Desa Latteko, Kecamatan Awangpone, Senin (10/12).

Tanam perdana cetak sawah baru untuk musim tanam bulan Oktober 2018 - Maret 2019, untuk mendukung luas tamban tanam (LTT) dan sergap untuk pangan nasional.

Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Kementerian Pertanian Ir Indah Megawati, dalam sambutannya mengatakan, pada tanam perdana lokasi cetak sawah tahun 2018 alih fungsi lahan pertanian di Indonesia menjadi masalah serius 100 hektar lahan sawah diperkirakan beralih fungsi atau dikonversi menjadi lahan lain setiap tahun bila tidak segera diatasi dengan serius maka pembangunan sektor pertanian tidak akan berjalan lancar krisis pangan jadi bayangan yang menakutkan bagi setiap negara yang sebagian besar penduduknya mengantungkan diri hidup dari sektor pertanian.

Ia pun menyampaikan apresiasi tinggi kepada Bupati Bone, serta jajaran SKPD terkait dan Forkominda Bone serta tak lupa kepada Kodam 141/Hasanuddin dan lebih khususnya kepada Korem 141/Toddopuli dan jajarannya serta kepada seluruh petani selaku pahlawan pangan.

"Dengan berjalannya program cetak sawah dari pemerintah dan bekerjasama dengan TNI kita tidak usah lagi mengimpor beras  lagi, jadi kita harus menjadi lumbung padi yang diperhitunkan di Negara lain. Cetak sawah merupakan pembangunan dengan tujuan mensejahterakan petani dan kedaulatan pangan pada tahun 2045 nantinya kita akan menjadi lumbung pangan sedunia. Sinergi antara pemerintah dengan TNI cukup berhasil selama ini dalam program cetak sawah," pungkasnya.

Sementara itu, Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno, dalam sambutannya menyatakantanam perdana cetak Sawah baru TA. 2018 musim tanam Oktober -Maret 2018/2019 dilaksanakan oleh TNI Angkatan Darat ini adalah sesuai dengan undang-undang nomor 4 tahun 2004 tentang operasi militer selain perang adalah membantu pemerintah daerah.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Kasrem141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyantho, Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin, Asisten 2 Seta Bone Andi Gunadil Ukra (mewakili Bupati Bone), Kadis Pertanian Kabupaten Bone H.Sunardi Nurdin.

Sejumlah anggota DPRD Bone, para Danramil Kodim 1407/Bone, Kapolsek Awangpone, Sekcam Awangpone, para Pengurus Koorcab Rem 141/Tp PD XIV/Hsn dan Kepala KUA Awangpone Taheron, PPL Kecamatan Awangpone, Pejabat Desa Lattekko Andi Idil, serta masyarakat yang mencapai ratusan orang.  (Rasul)
Don't Miss

News Feed