ads

27 December, 2018

Bank Sulselbar Siap Bersinerji Mendukung Kadin Sidrap

Bank Sulselbar Siap Bersinerji Mendukung Kadin Sidrap
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, SIDRAP -  Salah satu faktor indikasi tumbuh pesatnya perekonomian masyarakat adalah peran serta keterlibatan stake holder penunjang perkreditan dalam Perbankan.

Berbicara masalah dunia pelaku usaha, tentu kehadiran Kamar Dagang Indonesia (Kadin) tidak terlepas peranan Perbankan, hal ini dilakuakn untuk merangsang para pelaku usaha dalam menumbuhkan ekonomi  masyarakat.

Peranan itupula yang lakukan salah satu Mitra kerja Kadin dengan menggandeng Bank Sulselbar.

Khusus di kabupaten Sidrap, Kadin bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Cabang Sidrap akan bersinerji memainkan peran dalam peningkatan pembangunan tersebut.

Tentunya, Bank Sulselbar akan merangsang skema penyaluran kredit untuk segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut terungkap saat pelantikan 138 pelaku usaha yang menjadi pengurus Kadin  Sidrap masa periode 2018-2023.

Direksi Bank Sulselbar wilayah Makassar diwakili Ruslan saat didaulat sebagai narasumber pada Dialog Ekonomi menyampaikan, pihaknya siap berkolaborasi penuh membackup Kadin dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Sidrap.

"Bank Sulselbar kini telah menjadi penyelenggara program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan sistem perkreditan mudah, praktis dan cepat," ujar Ruslan

"Bank Sulselbar juga menyiapkan sejumlah program unggulan menunjang minat usaha ekonomi menengah kebawah. Kadin tidak perlu khawatir lagi soal pendanaan, kami siap membantu kemudahan itu,"sambung Ruslan dalam materinya.

Sebagai contoh, lanjutnya, Bank BPD Sidrap adalah salah satu cabang di wilayah kerja Sulselbar paling tertinggi pencapaian penyaluran kredit mikronya.

"Jujur saya akui ditangan Bapak Andi Damis selaku Kepala Cabang yang paling proaktif merangsang pertumbuhan ekonomi di Sidrap. Angkanya tumbuh rata-rata 3 hingga5 persen penyaluran kredit pada pelaku usaha UKMK di Sidrap, itu patut kita apresiasi sebagai langkah mendukung program pemerintah mensejahterahkan masyarakatnya,"lontar Ruslan.

Sebagai referensi menumbuhkan minat ekonomi berbasis pelaku usaha home industri, kata dia, para debitur diberikan reward dan penghargaan OJK, dan itu akan berlaku secara berkesinambungan,"tegasnya.

Ruslan sedikit memaparkan referensi produk unggulan Bank Sulselbar yang semakin banyak masyarakat sudah menjangkaunya.

“Yaitu program Laku Pandai. Program ini telah didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi. Laku pandai akan dijangkau masyarakat yang jauh dari kantor bank,”ungkap Ruslan.

Laku Pandai merupakan singkatan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif. Laku Pandai OJK menyediakan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank).

Untuk lebih mempermudah akses transaksi, pihak Bank Sulselbar sudah bergabung bersama dengan delapan bank lainnya yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Bukopin, Bank Sinarmas, Bank Artha Graha, BTN dan BPTN Syariah yang lebih dulu membuka layanan Laku Pandai.

Ditempat yang sama, Ketua Kadin Sidrap AM Yusuf Ruby mengapresiasi penuh keterlibatan Bank Sulselbar di Sidrap.

"Saya yakin, pelaku ekonomi usaha tidak akan lesu lagi dan berimbas pada tingginya pertumbuhan ekonomi di Sidrap. Terutama pelaku usaha semakin bergairah mengembangkan potensi usahanya,"imbuh Yusuf Ruby.

Harapannya, kedepan sinergitas Bank Sulselbar dengan Kadin semakin ditingkatkan, terutama mengakses kredit tanpa harus mempersulit prasyarat yang dimohonkan kreditur.

"Itulan harapan Kadin, ekonomi Sidrap semakin membaik, pelaku usaha UKMK juga kian dihidupkan dalam bisnisnya," pungkasnya. (Ady)
Don't Miss

News Feed