Terbaik se-Sulsel, Bupati Sinjai Terima 2 Penghargaan Atas Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan

Terbaik se-Sulsel, Bupati Sinjai Terima 2 Penghargaan Atas Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, menerima penghargaan dari Gubernur Sulsel, pada kegiatan Rapat koordinasi pendaftaran penduduk dan persiapan menghadapi pemilihan umum 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan Pemprov Sulsel, bertempat diruang rapat pimpinan kantor Gubernur Sulsel, Senin (26/10).

Dikesempatan tersebut Bupati Sinjai menerima dua penghargaan, yaitu penghargaan sebagai Kabupaten yang memiliki inovasi pelayanan administrasi kependudukan terbaik se-Sulsel, dan penghargaan sebagai Kabupaten yang memiliki cakupan perekaman ktp elektronik tertinggi di Provinsi Sulsel Tahun 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Sudirman Sulaiman, sekaligus membuka kegiatan Rakor tersebut, hadir Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Depdagri Zudan Arif Fakhrulloh, Ketua KPU Provinsi Sulsel, Ketua Bawaslu Sulsel, Bupati/Walikota, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Disdukcapil Pemprov Sumarniati dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah terciptanya sinkronisasi tertib data kependudukan diseluruh Kabupaten Kota di Sulawesi Selatan dalam menghadapi pemilu 2019, sehingga tercipta penyamaan persepsi tentang data kependudukan.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengatakan memberikan selamat atas penghargaan yang diterima oleh Kabupaten/Kota, sehingga melalui penghargaan ini Kabupaten/Kota terus dapat berprestasi.

Sementara itu arahan Dirjen Kependudukan dan pencatatan Sipil Zudan Arif Fakhrulloh mengatakan Semua stakeholder harus mendukung kesuksesan perekaman KTP elektronik dalam rangka tertib kependudukan, khususnya perekaman di sekolah-sekolah, dan perekaman di rutan, sehingga saya mengharapkan para kepala sekolah para kepala Rutan untuk membuka ruang tersebut.

Zudan juga mengharapkan bahwa menghadapi pemilu di tahun 2019, mari menciptakan berita dan informasi yang baik melalui media sosial, dan tidak memberikan berita hoaks

Dikesempatan tersebut Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Prof Zudan Arif Fakhrulloh mengukuhkan kader Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) yang bertujuan mewujudkan dan mensukseskan program administrasi kependudukan Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa setelah menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa penghargaan ini adalah merupakan inovasi pemerintah kabupaten Sinjai melalui Disduk Capil dalam melakukan perekaman e-ktp dengan sistem jemput bola.

"Seperti layanan Perekaman melalui dor to dor, khususnya perekaman kepada warga lansia, perekaman langsung  kerumah warga yang memiliki keterbatasan fisik, perekaman anak sekolah yang sudah berumur 17 tahun," Ungkapnya.

Bupati juga mengharapkan bahwa jelang Pemilu 2019, agar KPU Sinjai dengan pihak Dusdukcapil Sinjai dapat bekerjasama, dalam melakukan pendataan pemilih yang akurat, sehingga kedepan tidak ada lagi data pemilih ganda, dan pelaksanaan pemilu kedepan dapat berjalan dengan baik.

Adapun Kabupaten Kota yang meraih penghargaan, diantaranya Kota Pare-Pare, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Barru, Kota Makassar, Kabupaten Pinrang, dan Kabupaten Wajo. (Asdar/Hms)
loading...
close
Rakyatsatu