Mamasa Alami Gempa Dua Kali Berturut-turut, BMKG Harap Warga Toraja Tidak Panik

Mamasa Alami Gempa Dua Kali Berturut-turut, BMKG Harap Warga Toraja Tidak Panik
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Gempa berkekuatan Magnetitudo 4.7 SR, terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat, Sabtu (03/11).

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 10:30:13 WITA ini, berlokasi di 2.88 LS- 119.42 BT [ 11 km  TimurLaut MAMASA - SULBAR], Kedalaman : 10 km::BMKG-PGR IV.

Selang beberapa menit, kembali terjadi gempa dengan Mag: 3.4 SR, pada pukul 10:58:43 WITA, lokasi 2.88 LS,119.51 BT (17 km TimurLaut MAMASA-SULBAR), Kedalman:10 Km.

Dirilis dari Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, terjadinya gempa bumi tektonik tersebut, ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini terjadi diperkirakan akibat aktifitas Sesar Majene.

Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala III – IV MMI di Mamasa, Bittuang II – III MMI dan Toraja II - III MMI  dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak,  benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang  dan tetap menunggu informasi dari BMKG.

Kepala BMKG Tana Toraja, Agung Sudiono Abadi, mengatakan bahwa gempa memang terasa sampai di wilayah Toraja, namun warga diharapkan tetap tenang.

"Pasti sebagian tempat yang dekat pusat gempa terasa banget. Kita monitor, jadi warga tetap tenang," kunci Kepala BMKG, Agung. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu