8 Kepala Lembang Tana Toraja Telah Terpilih, Incumbent Tumbang, Ada Apa Yaa...??

8 Kepala Lembang Tana Toraja Telah Terpilih, Incumbent Tumbang, Ada Apa Yaa...??

RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA Pemilihan serentak Kepala Lembang/Desa di Kabupaten Tana Toraja, dilakukan di delapan Lembang/Desa, Jumat (16/11).

Dari 8 Kepala Lembang yang telah terpilih, hanya satu orang incumbent yang kembali terpilih untuk melanjutkan pemerintahan desa.

Incumbent yang kembali terpilih, yakni Rombe Dowedi Pakidi', yang berada di Lembang Ratte Talonge Kecamatan Saluputti, dengan memenangkan 225 suara dari 682 pemilih sah. 

Ketujuh incumbent lainnya tumbang dan kalah jauh dengan hadirnya sosok pemimpin baru, dengan jumlah suara yang sangat jauh. 

Seperti yang terjadi di pemilihan Lembang Rano Utara, Kecamatan Rano, dimenangkan oleh Edi Peri Lusianto, dengan jumlah suara 502 dari 902 pemilih sah. Edi berhasil mengalahkan incumbent, Gerice, yang hanya memiliki jumlah suara 335.

Ketua LSM Yayasan Toraja Lural Development, Yos, menyebut hal ini menunjukkan masyarakat Toraja sudah mulai cerdas dalam memilih. Pendidikan politik yang dimiliki masyarakat, sudah dapat ditunjukkan, salah satunya dalam memilih Kepala Desa/Lembang.

"Masyarakat Toraja sudah mulai cerdas dalam memilih. Pendidikan politik yang dimiliki masyarakat, sudah dapat ditunjukkan, salah satunya dalam memilih Kepala Desa/Lembang," ujar Yos. 

Menurutnya, masyarakat sudah mulai dapat menentukan pilihan sendiri. Bisa jadi incumbent sebelumnya, hanya populer di saat pemilihan, namun tak mampu pertahankan posisi lewat kerja nyata di Desa/Lembang.

Ditanya terkait kemungkinan adanya money politic dalam pemilihan Desa/Lembang ini, Yos, yang juga Wakil Ketua KONI Tana Toraja ini menyebut semua kemungkinan bisa terjadi

"Semua kemungkinan bisa terjadi. Namun apabila itu benar terjadi, tentunya tidak membawa kebaikan bagi masyarakat dalam berjalannya pemerintahan nantinya,"katanya. 

Berikut 8 Kepala Lembang/Desa Kabupaten Tana Toraja terpilih :

1.    Rombe Dowedi Pakidi', Lembang Ratte Talonge Kecamatan Saluputti. Jumlah suara 225

2.    Edi Peri Lusianto, Lembang Rano Utara, Kecamatan Rano. Jumlah suara 502

3.    Efendi Pamilangan, Lembang Kaduaja Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Jumlah suara 383

4.   Markus Raya Radha, Lembang Balla, Kecamatan Bittuang. Jumlah suara 375


5.    Yohanes Sarira, Lembang Lemo Menduruk Kecamatan Malimbong Balepe.

6.    Irwanto Pasambe', Lembang Tokesan, Kecamatan Sangalla Selatan.

7.  Sukarsen Barapadang, Lembang Palesan, Kecamatan Rembon. 

8. Pea Bombing, Lembang Rano, Kecamatan Rano. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu