Lihat Aksi Satgas TMMD 103, Saat Mengantar Orangtua Asuhnya ke Pasar Bolu

Lihat Aksi Satgas TMMD 103, Saat Mengantar Orangtua Asuhnya ke Pasar Bolu
RAKYATSATU.COM, TORAJA UTARA - Lokasi TMMD ke-103 yang dilaksanakan oleh Kodim 1414 Tana Toraja, memang sangat sulit dijangkau.

Terletak di Desa Karre Limbong, Kecamatan Nanggala, Toraja Utara, termasuk dalam zona 3T, yakni Terpencil, Tertinggal dan Terluar. Hanya memiliki satu akses jalan untuk keluar kampung, membuat warga sangat kesulitan saat ingin ke kota.

Kali ini, warga yang rata-rata wanita ingin keluar kampung menuju ke pasar untuk membeli keperluan dapur, di antar oleh Satgas TMMD 103, dengan menggunakan mobil operasional Kodim 1414 Tana Toraja.

Warga yang biasanya harus merental mobil sewa, membayar sewa sebesar 500ribu rupiah (PP), sedangkan sumber pendapatan warga hanya dari bertani padi.

Salah seorang warga, Indo' Dina Kenden mengatakan merasa beruntung dan sangat tertolong dengan adanya bapak TNI yang dengan ikhlas mau mengantar mereka,

"Untung ada bapak TNI yang dengan ikhlas mau mengantar kami, jadi banyak yang ikut sampai mobilnya penuh," ujar Indo' Dina sambil tertawa girang.

Diketahui, jarak dari desa Karre Limbong menuju Pasar Bolu Rantepao, memakan waktu sekitar 2 jam dengan medan terjal dan melewati hutan pinus.

Atas perintah DAN SSK, Danup Kapten Czi Yohanis Palallo, Satgas TMMD 103, Kopda Edianto Salinding, yang mengantar warga, mengatakan gembira melihat tawa-tawa dari ibu-ibu yang girang dapat melihat kota Rantepao, apalagi mereka adalah orangtua asuh dari semua Satgas TMMD 103.

"Mereka semua adalah orangtua asuh kami, yang dengan rela memberi tumpangan di rumahnya untuk kami tempati menginap, jadi ini salah satu bukti bakti kepada orangtua sendiri," ungkap Kopda Salinding.

Warga pun membeli keperluan dapur seperti ikan, sayur mayur, tahu tempe, telur, buah-buahan dan gas elpiji, yang tentu tidak ada dijual di kampung mereka.

Bahkan ada yang sempat membeli pakaian untuk anak mereka dan membeli perlengkapan rumah tangga lainnya. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu