FGD PPKD Kabupaten Sinjai Diharapkan Mampu Melahirkan Rumus Strategi Kebudayaan

FGD PPKD Kabupaten Sinjai Diharapkan Mampu Melahirkan Rumus Strategi Kebudayaan
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Drs Akbar, M.Si membuka secara resmi rapat Focus Group Discussion (FGD) penyusunan pokok pikiran kebudayaan Daerah Kabupaten Sinjai, di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Rabu (24/10).

Kegiatan pembukaan FGD tersebut di hadiri oleh para Staf Ahli Bupati Sinjai, para Kepala Perangkat Daerah, para kepala Bagian Setdakab Sinjai, perwakilan kementrian Agama Kabupaten Sinjai, para Camat, para Lurah dan Kepala Desa se- Kabupaten Sinjai, para kepala SD,SMP dan SMA Se-Kecamatan Sinjai Utara, Para Tim Penyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) kabutapen sinjai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Drs Yuhadi Samad, M.Si dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran terkait penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Sinjai sehingga nantinya akan dihasilkan suatu dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah yang dapat menggambarkan kondisi faktual dan permasalahan kebudayaan yang dihadapi oleh Kabupaten Sinjai dalam upaya kemajuan kebudayaan beserta rekomendasi.

Sementara itu sambutan Bupati Sinjai yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Drs Akbar, M.Si menyampaikan, pemajuan kebudayaan ini meletakkan titik fokusnya pada pendayagunaan sepuluh objek pemajuan kebudayaan yang terdiri dari tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional serta cagar budaya.

"Harapan kami kedepannya dengan adanya dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah kabupaten sinjai ini kita dapat merumuskan strategi kebudayaan daerah yang lebih tepat dan terarah sehingga tujuan pembangunan kebudayaan daerah dapat terwujud," katanya.

Bupati, melalui sekda juga berharap semoga FGF ini dapat menjadi motivasi bersama untuk terus berkarya dan melestarikan kebudayaan daerah yang dimilimi. (Asdar) 
loading...
close
Rakyatsatu