Iklan

Iklan

Kerajinan Pakis dan Kulit Kerang jadi andalan Stand Pameran Dekranasda Sinjai

05 September 2018, 6:40 PM WIB Last Updated 2018-09-06T01:52:20Z
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR - Pada pagelaran Pameran Kerajinan Nasional Daerah dan Produk Industri Nusantara kali ini, Kabupaten Sinjai mengandalkan kerajinan pakis dan kulit kerang yang ditampilkan dalam bentuk alat-alat dan dekorasi interior rumah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar mengatakan bahwa Kabupaten Sinjai memiliki berbagai industri kerajinan yang potensial.

Kerajinan pakis yang sejak dulu dikembangkan di Sinjai kini semakin variatif dari segi pilihan produknya. "Selain asbak dan wadah tissu, kini pakis pun menjadi pelapis untuk perabotan seperti kursi, meja, dan cermin," katanya, Rabu (05/09).

Selain itu, Ujar Akbar, di Sinjai pun telah dikembangkan industri pandai besi, dan bahkan direncanakan kedepannya mampu menjadi sentra produksi cangkul. "Komitmen pemerintah untuk mengembangkan industri di Sinjai diharapkan dapat mendorong semangat kerja dan berwirausaha bagi masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Melani Jufri Rahman mengatakan bahwa event Pameran Dekranasda Ini merupakan agenda rutin yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai sarana promosi agar masyarakat Di Sulawesi Selatan mengetahui potensi yang dimiliki Oleh Kabupaten Sinjai.

Bahkan menurutnya, kerajinan lampu dari kulit kerang sangat potensial untuk diekspor. Untuk itu beliau berharap jika ada event pameran berskala internasional, sinjai dapat berpartisipasi sehingga Kerajinan Dan produk IKM sinjai dapat dikenal hingga ke luar negeri.

"Insha Allah kedepan penggiat IKM harus selalu peka terhadap tren dan selera pasar sehingga promosi kepada target pasar makin maksimal," harapnya.

Selain dikunjungi Oleh Plt. Asisten Pemerintahan Pemprov SulSel, Salim Abdul Rahman, stand Kabupaten Sinjai juga menarik perhatian Ketua TP. PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan. Dia mengaku bahwa Kerajinan Sinjai sangat Indah dan beberapa kemasan produk IKM Sinjai cukup kekinian dan up to date sehingga Dia mengatakan Dekranasda Kabupaten Gowa perlu studi banding ke Sinjai. (Asdar/Hms)
Komentar

Tampilkan

  • Kerajinan Pakis dan Kulit Kerang jadi andalan Stand Pameran Dekranasda Sinjai
  • 0

Terkini

Iklan