Iklan

Iklan

ASN di Soppeng Ikuti Sosialisasi Hubungan Komunikasi Sandi

27 Agustus 2018, 10:00 AM WIB Last Updated 2018-08-27T09:13:28Z
RAKYATSATU.COM, SOPPENG -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng dalam hal ini Dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Soppeng, menyelenggarakan sosialisasi Hubungan komunikasi sandi, di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Senin (27/08).

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara serta Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Sulsel.

Sekertaris Daerah (Sekda) Soppeng, HA Tenri Sessu mewakili Bupati Soppeng membuka sosialisasi secara resmi mengatakan. di era teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini masalah keamanan data seringkali kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola sistem informasi.

Dengan kata lain, masalah keamanan seringkali ditempatkan pada urutan kedua bahkan diurutan terakhir dalam daftar hal-hal yang di anggap penting.

"Keterbatasan SDM, dan belum ada ASN yg betul-betul mampu menjaga keamanan informasi yang ada di lingkup pemerintah kabupaten soppeng, yang kerap menjadikan informasi bocor," kata Sekda.

Untuk itu, melalui kegiatan ini agar seluruh ASN dapat memahami cara mengelola informasi yang baik dan menggunakan aplikasi sebijak mungkin untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik.

Informasi yang sifatnya rahasia yang hanya dapat di akses oleh kalangan tertentu perlu ada pengelolaan tersendiri secara ketat, agar tidak terjadi kebocoran informasi.

Sementara Kepala dinas Kominfo, Drs Fithratuddin mengatakan,
sosialiasi ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman kepada aparatur sipil negara (ASN) agar lebih bijakasana dalam mengelola informasi, karna dengan kecanggian teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini sangat mudah bagi masyarakat untuk mengakses informasi.

"Kerawanan atau kebocoran informasi yang bersifat rahasia di lingkup pemerintahan, tidak menutup kemungkinan terjadi penyalahgunaan informasi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab," ucapnya.

Untuk itu perlu hati-hati, dan waspada terhadap ancaman teknologi saat ini, jangan memberikan password kepada situs/link atau orang-orang yang tidak dikenal.

Turut hadir dalam kegaitan itu, narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara, Kabid persandian kominfo Provinsi Sulsel
para kepala SKPD, para kabag, pejabat/ staf pengelolah data/informasi masing-masing SKPD. (Rls)
Komentar

Tampilkan

  • ASN di Soppeng Ikuti Sosialisasi Hubungan Komunikasi Sandi
  • 0

Terkini

Iklan