Pelaksanaan Penyuluhan Kelautan di Lokasi TMMD ke-102, Ini Pesan dan Harapan Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kep Selayar

Pelaksanaan Penyuluhan Kelautan di Lokasi TMMD ke-102, Ini Pesan dan Harapan Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kep Selayar
RAKYATSATU.COM, SELAYAR - Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kep Selayar, Ir Makkawaru menitip harapan pada pelaksanaan penyuluhan kelautan di lokasi TMMD Reguler ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar di Kecamatan Bontosikuyu, Kamis (26/07).

Pesan dan harapan Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kep Selayar tersebut disampaikan oleh Koordinator mahasiswa KKN Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, Zul Janwar saat menjadi pemateri di kegiatan tersebut.

Pada penyuluhan yang merupakan rangkaian program kegiatan non fisik TMMD Reguler ke-102 TA 2018 Kodim 1415/Kep Selayar tersebut, Zul Janwar memaparkan bahw Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, tengah getol mendorong dan menggolkan program pembangunan di bidang kelautan dan perikanan yang disertai dengan upaya pengembangan potensi obyek serta daya tarik wisata sebagai sektor andalan dan penggerak ekonomi utama Kabupaten Kepulauan Selayar.

Mewakili Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kep Selayar, ia juga menyampaikan pesan kadis bahwa masyarakat diminta untuk lebih pandai bersyukur dalam menyikapi kebijakan pemerintah kabupaten yang telah menetapkan wilayah administratif Kecamatan Bontosikuyu sebagai kawasan pengembangan ekonomi (KEK) khusus pariwisata, plus sebagai sentra pengembangan ikan karang terpadu.

"Hal ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari rencana strategi (Renstra) Kabupaten Kepulauan Selayar. Dalam kaitan itu, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak ikut berpartisipasi dan menjalin sinergitas kerjasama," tutur Zul Janwar. 

Dalam kaitan itu, Zul Janwar juga menyampaikan titipan harapan Ir Makkawaru, agar pelaksanan penyuluhan perikanan dan kelautan yang merupakan rangkaian tak terpisahkan dari pelaksanaan TMMD 102 Kepulauan Selayar dapat berjalan baik dan lancar.

"Kedepan, seluruh komponen terkait diharapkan dapat bersinergi satu sama lain dalam kerangka untuk menyukseskan terbangunnya sektor perikanan dan kelautan sebagai penunjang sektor pariwisata yang merupakan sektor andalan Kabupaten Kepulauan Selayar," ujarnya.

Pihaknya juga meminta bantuan kerjasama masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam mendorong peningkatan pembangunan di sektor kelautan dan perikanan dan sekaligus mendukung program pembangunan KEK pariwisata yang nota bene merupakan penggerak utama sendi-sendi perikanan masyarakat.

Kolaborasi kerjasama segenap komponen terkait diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan.

"Dengan begitu, pembangunan sektor kelautan dan perikanan Kabupaten Kep Selayar dan wilayah Kecamatan Bontosikuyu akan dapat lebih maju dan betul-betul mendatangkan rezeki bagi warga masyarakat nelayan pesisir," pungkas Zul Janwar mengutip pesan dan harapan Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kep Selayar. (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu