Kodim 1409/Gowa Briefing Latihan Posko I, Ini Tujuannya

Kodim 1409/Gowa Briefing Latihan Posko I, Ini Tujuannya
RAKYATSATU.COM, GOWA - Untuk melatih unsur Komandan dan staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam satu satuan untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuannya baik operasi militer untuk perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP), Kodim 1409/Gowa melaksanakan Briefing Latihan Posko I di Makodim 1409/Gowa, Rabu (02/05).

Kapenrem 141/Tp, Mayor Inf Mansur Kole mengatakan, tujuan kegiatan yang bertemakan "Kodim 1409/Gowa melaksanakan tugas bantuan kepada Polri dalam rangka pengamanan pelaksanaan pilkada serantak tahun 2018" sesuai direktif dari Pangdam XIV/Hsn, bertujuan untuk melatih unsur Komandan dan staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam satu satuan untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi di satuannya baik operasi militer untuk perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

Adapun dalam amanat Danrem 141/Tp Kolonel Kav Drs. Yotanabey, A.M, M.Def, S.T yang dibacakan oleh Letkol Kav Mardi A. F. (Dandim 1422/Maros) mengatakan Latihan ini sangat bernilai strategis jika dihadapkan dengan tugas yang diemban oleh Kodim 1409/Gowa sebagai komando kewilayahan di daerah yang secara fungsional bertanggungjawab menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi penyelenggaraan pertahanan negara maupun kepentingan pembangunan nasional daerah.

Latihan Posko I ini diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan Komandan Kodim 1409/Gowa beserta Perwira staf terhadap pelaksanaan tugas Operasi selain perang (OMSP) khususnya bantuan kepada PEMDA/POLRI dalam rangka membantu mengatasi terjadinya konflik akibat pilkada diwilayah sesuai dengan UU RI No 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial.

"Selain itu juga ada instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2013 tentang Penanganan Gangguan Keamanan dalam Negeri, yang menginstruksikan peningkatan efektivitas penanganan keamanan dalam negeri secara terpadu, membentuk tim terpadu pada tingkat pusat dan daerah, mengambil langkah cepat, tepat dan tegas, merespon dengan cepat dan menyelesaikan secara damai, serta TNI agar memaksimalkan fungsi dan peran TNI," pungkas Mayor Inf Mansur Kole.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni seluruh penyelenggara Latihan Posko I Kodim 1409/Gowa, penyelenggara dan pendukung Latihan Posko I Kodim 1409/Gowa Korem 141/Tp Ta. 2018.  (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu