Ratusan Petani Kopi Gandangbatu Acungkan Sabit Sambut Bupati, Ini Alasannya

Ratusan Petani Kopi Gandangbatu Acungkan Sabit Sambut Bupati, Ini Alasannya
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Pencanangan kegiatan rehabilitasi penyiangan / pemangkasan kopi percontohan tanaman perkebunan dilaksanakan di Lembang Gandangbatu Kecamatan Gandangbatu Sillanan Tana Toraja, Jumat (9/03).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tana Toraja ini, dengan bentuk pola padat karya program peningkatan produksi pertanian/perkebunan tahun anggaran 2018.

Ratusan warga yang dibagi dalam beberapa kelompok ini, disebar di setiap kebun kopi milik warga sendiri. Berbekal alat kebun seperti linggis, sabit, cangkul dan tidak ketinggalan tas unik dari karung bekas ikut melekat pada para warga. 

Dalam arahannya, Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae mengatakan, kegiatan ini sebagai jawaban bagi petani yang beberapa belakangan ini mengalami kekecawaan atas hasil kopi yang semakin menurun. 

"Kegiatan ini untuk meningkatkan produksi kopi warga dengan memberantas hama yang mengganggu tanaman," ujarnya

Diketahui Jenis kopi arabika yang lebih dominan ditanam para petani di Gandangbatu, kopi jenis inipula yang sangat rentan dengan sumber perangkat hama yang sangat halus yang berasal dari serbuk bungan kopi sendiri. (Kris)

loading...
close
Rakyatsatu