Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD, Ini Harapan Asisten I Pemkab Soppeng

Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD, Ini Harapan Asisten I Pemkab Soppeng
Asisten I Sarianto saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Forum Pemerhati Masyarakat Soppeng (FPMS) menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se- Kabupaten Soppeng, di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng, Sabtu (15/7).

Kegiatan yang dibuka oleh Asistern I Bidang Pemerintahan Drs Sarianto ini mengangkat tema "Peran BPD dalam mewujudkan pemerintahan Desa yang Demokratis".

Dalam sambutannya, Sarianto menghimbau agar para peserta khususnya anggota BPD se Kabupaten Soppeng agar ikut berpartisipasi, dalam pelaksanaan pembangunan di masing- masing desanya. 

"BPD itu harus aktif, BPD diharapkan bisa menjadi garda terdepan penyalur aspirasi masyarakat di desa," kata Sarianto yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Soppeng ini. 

Suasana pembukaan  Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD
Sementara itu, Ketua Panitia Ardiansyah mengatakan, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota BPD seperti penguatan hak dan kewajiban BPD, mekanisme pengawasan dana desa oleh BPD, serta tata cara pelaksanaan musyawarah desa oleh BPD. 

Menurutnyam pelatihan ini dianggap penting karena banyaknya perubahan regulasi sejak diberlakukannya UU no 6 tahun 2014 tentang desa, lebih khusus terkait adanya Permendagri 110 tahun 2016 tentang BPD.

"Ini yang akan menjadi materi kita dalam pelatihan ini, dimana diharapkan BPD di Soppeng bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik untuk membangawal pembangunan desa dan lainnya," ujarnya.

Sekedar untuk diketahui, acara pelatihan BPD ini rencananya akan berlangsung selama 2 hari yakni pada tanggal 15 dan 16 Juli. Adapun pemateri atau narasumber berasal dari Dinas PMD Kabupaten Soppeng, tenaga ahli P3MD Kabupaten Soppeng, Konsultan Politik dan Pemerintahan dan Konsultan pemberdayaan masyarakat. (San)
loading...
close
Rakyatsatu